Dalam UU No. 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman ditetapkan bahwa ada 12 asas dalam melaksanakan pembangunan peruamahan dan kawasan permukiman.

Asas yang pertama adalah kesejahteraan. Dimana asas kesejahteraan ini mengandung pengertian bahwa pembangunan perumahan dan kawasan permukiman harus layak sehingga masyarakat dapat mengembangkan diri dan beradab, serta dapat melaksanakan fungsi sosialnya.

Tanpa perumahan yang layak masyarakat tidak bisa hidup sejahtera. Hal ini bisa kita lihat di lokasi pemukiman kumuh, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta.

Di lingkungan tersebut, masyarakat amat rentan terhadap masalah kehidupan, seperti masalah kesehatan, masalah sosial, masalah ekonomi dan masalah lainnya.

Secara kesehatan, lingkungan yang kumuh sangat rentan terhadap serangan penyakit. Seperti malaria, disentri, demam berdarah dan penyakit lainnya.

Selain itu lingkungan kumuh juga akan berkembang penyakit sosial. Hal ini karena di lingkungan kumuh tersebut kebanyakan ditinggali oleh orang-orang yang memiliki tingkat pendidikan di bawah rata-rata sehingga mereka amat mudah terpengaruh lingkungan.

Penyakit sosial yang banyak ditemui di kawasan kumuh adalah peredaran narkoba, pelacuran tingkat bawah, perjudian dan lain-lain.

Oleh karena itu diharapkan kehadiran negara untuk menyediakan pemukiman yang layak bagi kemanusian. Dengan penataan pemukiman menjadi tempat tinggal yang sehat akan menjadikan manusia yang tinggal di dalamnya juga menjadi sehat. Baik sehat secara jasmani juga sehat secara rohani.

Selain menjadi asas dari pembangunan perumahan dan kawasan permukiman seperti diamanatkan oleh UU No. 1 Tahun 2011 ini penyediaan perumahan yang sehat bagi kemanusian juga menjadi perintah khusus oleh UUD 1945 terutama pasal 28h.

Jadi sudah sepantas dan selayaknya pemerintah memberikan perhatian khusus terhadap penyediaan perumahan ini.

Melihat kondisi real di lapangan memang pemerintah tidak bisa sendirian dalam memenuhi kewajibannya ini. Oleh karena itu pemerintah memerlukan peran swasta untuk ikut mewujudkan asas dari pembangunan perumahan dan kawasan permukiman.

 

Lihat artikel lainnya:
Perumahan dan kawasan permukiman adalah satu kesatuan sistem yang terdiri atas...
1. AMDAL Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) adalah kajian mengenai dampak besar...
Mengurus perijinan proyek merupakan langkah wajib yang harus Anda lakukan ketika...
Di kota-kota besar Indonesia saat ini kondisi sosiologis masyarakat sudah bergeser...
Akhir-akhir ini banyak orang membicarakan Sunrise Property baik investor property...
Pembangunan infrastruktur transportasi untuk mengurai kemacetan dalam bentuk LRT...

Article Tags:

Azas Pembangunan Perumahan dan Kawasan Permukiman: Kesejahteraan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *