Menjual property sebagai professional broker sangat menyenangkan bagi sebagian orang dan sebagian lagi menganggap menjual property adalah pekerjaan yang sulit. Mereka yang menganggap menjadi professional broker sangat menyenangkan adalah karena profesi ini menjanjikan penghasilan yang tidak terbatas dan waktu kerja yang sangat flexible.

Dan bagi mereka yang mengaggap profesi property professional broker sebagai pekerjaan sulit karena berhubungan dengan sifat property yang tidak liquid sehingga diperlukan seni dan effort tertentu untuk menjualnya. Memang diperlukan waktu dan kesabaran menjual property dengan harga yang diinginkan.

Namun dengan mengenal dari mana kita dapat memperoleh pembeli, akan terasa sedikit mudah untuk menjual property, berikut beberapa sumber pembeli yang bisa anda dapatkan:

Keluarga, Teman dan Teman dari Kawan

Sumber pembeli dari keluarga merupakan pembeli yang sangat potensial karena para keluarga tentu saja percaya pada kita untuk mendapatkan property yang mereka idamkan.

Sumber pembeli lainnya adalah teman kita, mulai dari teman sejak dari TK, SD, SMP, SMU atau sesama kuliah.

Oleh karenanya, penting bagi kita untuk memperkenalkan diri dengan profesi sekarang kepada teman yang sudah lama tidak berjumpa. Sehingga mereka akan ingat kita jika mereka membutuhkan property.

Baca juga: Workshop Developer Properti di Indonesia yang Wajib Anda Ikuti

Jangan lupa berikan kartu nama ketika bertemu dengan mereka dengan demikian mereka dengan mudah dapat mereferensikan anda kepada temannya jika ada teman mereka membutuhkan property.

Pembaca Iklan di Koran, Majalah Property, dan lain-lain

Masih seperti jaman dahulu bahwa kebanyakan orang jika mencari rumah untuk dibeli maka mereka mencarinya lewat koran atau majalah yang berkaitan. Tantangan bagi kita pengiklan adalah bagaimana supaya iklan yang kita pasang menarik perhatian pembaca.

Tidak ada salahnya dalam beriklan kita menambahkan kata-kata yang bombastis sehingga iklan yang kita buat berbeda dengan iklan sejenis, seperti Dijual Cepat Butuh Uang, Dijual Cepat akan Pindah Keluar Negeri, Dijual Cepat Karena Bagi-bagi Waris, Dijual Cepat Harus Terjual Bulan Ini, Dijual Cepat Untuk Bayar Hutang, dan lain-lain.

Beberapa koran juga menyediakan cara untuk membedakan suatu iklan dengan iklan lainnya. Seperti warna tulisan yang dibedakan, ditambah warna pada background iklan. Memang untuk mendapatkan fasilitas-fasilitas tersebut media iklan memasang tarif tertentu. Tapi pengaruhnya terhadap respon pembaca juga sangat bagus.

Pencari Property di Internet

Seiring perkembangan teknologi dan semakin familiarnya internet bagi semua orang, kedekatan manusia dengan internet sudah tidak bisa dielakkan lagi. Akses internet yang semakin mudah, terjangkau dan tersedianya sarana pendukung menambah keakraban manusia dengan internet di abad modern.

Tak terkecuali dalam urusan mencari property, para pembeli property dengan amat mudah memilih-milih property yang mereka inginkan, bahkan ketika sedang dalam perjalanan dengan adanya smartphones, notebook atau laptop yang menyediakan akses internet.

Pekerjaan kitalah sebagai broker property untuk membuat iklan se-eye catching mungkin supaya menarik minat pembeli.

Beriklan di internet bisa dengan berbagai cara, diantaranya dengan mendaftar pada situs yang menyediakan layanan jual beli property atau bisa juga kita bikin website sendiri.

Dengan membuat website sediri seperti Asriman.Com ini kita bisa lebih leluasa melisting iklan kita, hanya saja memang diperlukan effort tambahan untuk memudahkan pengguna internet menemukan website kita.

cara mendapatkan pembeli propertySedapat mungkin kita menguasai skill Search Engine Optimization (SEO) atau bisa juga kita hire seseorang untuk melakukannya, dengan sejumlah biaya tentunya. Intinya adalah bagaimana caranya agar website kita masuk dalam halaman satu di Search Engine Result Page (SERP).

Karena sudah menjadi hukum alam bahwa jika seseorang mencari di internet maka mereka hanya mengunjungi hasil pencarian di halaman satu dan itupun kecenderungan hanya melihat hasil yang muncul pada urutan satu sampai tiga teratas.

Jika mereka tidak menemukan apa yang mereka cari dengan suatu kata kunci pada urutan tiga teratas, maka biasanya mereka mencari dengan kata kunci lainnya.

Bagi anda yang memiliki alokasi dana khusus bisa juga dengan memanfaatkan iklan berbayar dari Google atau situs penyedia iklan lainnya.

Forum-forum dan Mailing List (Milist)

Menjual property bisa juga dengan me-listing iklan di forum-forum diskusi yang memiliki banyak member, seperti Kaskus, milist Yuk Bisnis Property dan lain-lain.

Orang Yang Biasa Lewat di Sekitar Property

Cara ini merupakan cara konvensional yang sudah dipakai sejak  zaman dahulu. Cara ini amat sederhana, yaitu dengan memasang spanduk atau papan petunjuk di lokasi bahwa property tersebut sedang dijual. Papan nama harus dibuat sedemikian rupa sehingga jelas terbaca dari tempat umum.

Tetangga Dari Rumah yang Dijual

Jika kita menjual rumah, sebaiknya tawarkan terlebih dahulu kepada tetangga karena mungkin saja tetangga kita berencana memperluas rumahnya atau akan membawa keluarganya yang lain untuk tinggal berdekatan.

Seringkali seseorang tinggal sendiri di suatu daerah memiliki keinginan untuk membawa keluarga lain seperti orang tua, anak, saudara dan lain-lain untuk tinggal berdekatan.

Jika kita menawarkan rumah kepada tetangga terlebih dahulu, hal ini akan mengurangi tenaga yang diperlukan untuk menjualnya karena tetangga sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan rumah dan lingkungan sekitarnya, sehingga kita tidak perlu bersusah payah menerangkan product knowledge mengenai kondisi rumah dan lingkungan.

Orang yang Beraktifitas di Dekat Property yang Dipasarkan

Jika proeperty yang kita pasaran berada di lokasi yang berdekatan dengan beberapa gedung perkantoran, maka mereka yang beraktifitas di gedung tersebut menjadi pasar yang sangat potensial. Karena jalanan yang macet di kota-kota besar membuat orang selalu berfikir untuk mereduksi waktu yang digunakan untuk perjalanan dari rumah ke tempat kerja, salah satunya dengan mencari tempat tinggal di dekat lokasi kerja.

Dengan alasan inilah sekarang muncul berbagai banyak hunian di tengah kota seperti apartemen, condominium, flat, rumah susun bahkan rumah kos dan town house.

Kenalan di Berbagai Organisasi atau Perkumpulan

Menjual kepada orang yang sudah kita kenal lebih mudah dari pada menjual kepada orang yang belum kita kenal karena sudah menjadi kodrat manusia yang lebih percaya dan nyaman dengan orang yang sudah dikenalnya.

Sesama anggota organisasi yang dimaksud disini adalah seperti kelompok pengajian, ormas, sport club, klub-klub dengan anggota tertentu seperti klub mobil, motor besar dan oraganisasi lainnya. Untuk mengambil manfaat dari kelompok-kelompok seperti ini kita harus membuat diri kita sendiri dikenal sebagai professional broker. Lakukan berbagai cara agar ketika ada anggota kelompok yang membutuhkan jasa broker property maka nama andalah yang muncul di benak mereka.

Daftar Nasabah Bank dan Asuransi

Daftar nasabah bank merupakan pasar potensial untuk memasarkan property yang sedang kita jual. Apalagi daftar nasabah dengan spesifikasi jumlah tabungan atau deposito tertentu. Hanya saja memang tidak mudah untuk mendapatkan daftar ini secara bank tentu saja merahasiakan data para nasabahnya.

Tapi sudah menjadi rahasia umum bahwa data nasabah bisa beredar terutama antar bank. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya petugas telemarketing dari berbagai bank yang menelepon untuk memasarkan produk-produk perbankan seperti Kredit Tanda Agunan (KTA), kartu kredit pada kita padahal kita hanya pernah berhubungan dengan satu bank saja.. Antahlah ndak tau wak doh šŸ™

Kondisi ini bisa anda menfaatkan dengan mengusahakan mendapatkan daftar nama nasabah bank tersebut dengan usaha tertentu tentunya. Jika memungkinkan lho… hehehe

Masukkan Nama dan Email Utama Anda untuk Mendapatkan Info Detil dan Jadwal Workshop Developer Properti

Share Button
Lihat artikel lainnya:
Untuk mengetahui dan merasakan keuntungan menggunakan jasa professional broker...
Menjadi seorang brokerpreneur atau yang lazim dikenal sebagai calo membutuhkan...
Bagi seorang investor propertiĀ memiliki banyak informasi tentang property yang...
Sebagai seorang professional broker, wajib hukumnya bagi anda memiliki banyak...
Harga property memang cenderung naik tiap tahun, hal ini menyebabkan banyak orang...
Mengenai bagaimana sebuah Perseroan Terbatas (PT) menjual aset berupa tanah ini...

Article Tags:

Bagaimana Cara Mendapatkan Pembeli Property bagi Professional Broker

9 thoughts on “Bagaimana Cara Mendapatkan Pembeli Property bagi Professional Broker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *