Perubahan untuk menjadi lebih baik selalu menjadi harapan dari siapapun, sehingga hari ini dapat lebih baik dibandingkan hari kemarin, dan hari esok dapat lebih baik dari hari ini. 

Untuk dapat berubah menjadi lebih baik, tidak ada cara lain yang dapat dilakukan kecuali menjalani proses pengembangan diri.

Sebab dengan proses itulah seseorang dapat memperbaiki kesalahannya, menutupi kekurangannya dan mengatasi ketidakmampuannya.

Berikut proses untuk menjadi lebih baik melalui pengembangan diri:

Bangun Rasa Percaya Diri

Perasaan rendah diri acapkali menjadi persoalan utama dan pertama yang menghambat  seseorang untuk dapat mengaktualisasikan diri lewat kemampuan yang dimiliki.

Sehingga sebelum berbuat sesuatu sudah menyerah disebabkan karena tidak memiliki rasa percaya diri, ibarat kata pepatah “Kalah sebelum berperang”.

Penyakit yang satu ini sulit sekali diatasi, karena ucapan penyemangat dari orang lain seringkali hanya masuk telinga kanan dan kelua lewat telinga kiri, disebabkan karena ucapan orang lain hanya menyentuh bagian permukaan dari kesadaran terdalam pada diri seseorang.

Satu-satunya obat yang paling manjur untuk mengatasi adalah menumbuhkan rasa percaya diri dalam hati orang yang bersangkutan.

Banyak cara untuk dapat membangkitkan rasa percaya diri, beberapa diantaranya adalah berbicara dengan diri sendiri di hadapan cermin, menulis pada selembar kertas tentang potensi yang dimiliki, serta membayangkan orang lain menghargai dan memuji apa yang kita kerjakan.

Buang Perasaan Pesimis

Menyadari keterbatasan yang kita miliki memang dapat memberikan pengaruh positif berupa perasaan sadar diri untuk memasang target dan tujuan hidup sesuai dengan kemampuan yang kita miliki.

Namun bila keterbatasan atau kekurangan pada diri kita terus menerus menghantui pikiran, dampaknya justru akan menimbulkan rasa pesimis, dan perasaan pesimis dapat menjadi batu sandungan yang akan menghentikan langkah kita untuk mencapai tujuan.

Itu sebabnya, jangan pernah berpikir bahwa kekurangan dan keterbatasan yang ada pada diri kita sebagai penghalang untuk dapat meraih harapan.  

Jadikan kekurangan tersebut menjadi kelebihan yang memberikan dampak positif bagi hidup dan kehidupan.  

Dengan memasukkan upaya peningkatan rasa percaya diri ke dalam tahap pengembangan diri, maka kita akan dapat mengubah ketidakmungkinan menjadi sesuatu yang mungkin.

Ingat, tidak ada satu manusiapun di dunia ini yang sempurna.

Tumbuhkan Pikiran dan Sikap Positif

“Hati-hati dengan pikiran Anda” demikian pesan James Allen dalam salah satu bukunya. “Karena apa yang Anda pikirkan adalah apa yang akan Anda alami!”.

Pesan jurnalis kondang asal Inggris ini menyiratkan betapa dahsyatnya kemampuan pikiran untuk mempengaruhi hidup seseorang.

Bahkan banyak yang meyakini bahwa 90 persen keberhasilan seseorang ditentukan oleh cara dia dalam berpikir.

Untuk itu tumbuhkan terus pikiran positif dengan menyingkirkan jauh-jauh rasa cemas, khawatir dan unsur-unsur negatif lainnya yang tidak beralasan.

Sebab dengan berpikir positif akan menimbulkan mental yang positif, dan dengan mental yang positif akan membuahkan sikap dan tindakan yang juga positif.

Perbesar Rasa Tanggungjawab

Kesalahan dan kegagalan adalah hal yang lumrah selama seseorang dapat menerima dengan lapang hati dan belajar dari kesalahan/kegagalan tersebut.

Persoalan akan muncul justru jika kita tidak pernah mau mengakui kesalahan/kegagalan, karena jika hal tersebut yang terjadi, maka hanya ada dua hal yang akan dilakukan oleh seseorang, yaitu menyalahkan orang lain atau menyalahkan keadaan.

Kedua-duanya bukan sikap yang terpuji, dan justru akan membuat seseorang terpuruk semakin dalam.

Karena dengan menyalahkan orang lain, akan membuat pecahnya hubungan, dan jika menyalahkan keadaan akan membuatnya putus asa.

Melalui proses pengembangan diri, cobalah untuk belajar menerima kenyataan dan mengakui kesalahan/kegagalan.

Caranya adalah dengan memperbesar rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri. Karena memikul tanggung jawab tidak hanya sebatas memikul beban kerja, tapi juga memikul segala risiko dari hasil kerja, termasuk risiko kegagalan.

Lihat artikel lainnya:
Meningkatkan kualitas diri pribadi sehingga dapat meningkatkan kualitas hubungan...
Sukses dari sisi apapun selalu menjadi dambaan setiap orang, dan untuk dapat...
Nabi Muhammad SAW adalah seorang pedagang di jazirah Arab. Bersama Khadijah istrinya,...
Membeli properti tidak hanya untuk digunakan, tetapi bisa juga untuk investasi. Karena...
Tingginya kebutuhan akan property yang dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan...
Suatu waktu saya main ke toko buku Gramedia, sebuah buku yang judulnya agak serem...
Bagaimana Menjadi Pribadi yang Lebih Baik dari Waktu ke Waktu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *