take over proyek perumahanAkibat tanpa adanya pamahaman mengenai karakteristik bisnis property khususnya sebagai developer, banyak didapati proyek yang berhenti di tengah jalan, mangkrak. Si developer tidak sanggup lagi meneruskan proyek disebabkan berbagai alasan.

Biasanya alasan yang jamak adalah penjualan tidak berjalan bagus, sementara kewajiban developer terhadap pihak ketiga sudah jatuh tempo. Kondisi ini bisa terjadi jika developer menggunakan uang pihak ketiga dalam memulai proyek, seperti pembangunan infrastructure atau fasilitas umum dan fasilitas sosial.

Kebutuhan awal proyek biasanya adalah untuk land clearing, gate atau jalan perumahan supaya perumahan โ€˜berbentukโ€™ dan pembangunan beberapa show unit atau rumah contoh untuk menarik calon konsumen.

Disinilah diperlukan pemahaman tentang pentingnya marketing dalam proyek properti secara sebenarnya marketing adalah ujung tombak setiap bisnis, apapun bisnisnya.

Ketidakmampuan menjual bisa jadi disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya: tidak memiliki tim pemasaran yang sakti mandraguna, tidak memiliki metode-metode yang kreatifinovatif dalam pemasaran produknya.

Karena dalam pemasaran properti itu berlaku adagium umum, pertama tidak ada properti yang tidak bisa dijual dan kedua adalah jika anda tidak bisa menjual properti anda maka kembali ke peraturan pertama. Hehehe ๐Ÿ˜€ Intinya, butuh inovasi dan kreatifitas dalam memasarkan produk property.

Sebab lainnya adalah developer memang salah dalam tahap analisa awal proyek, seperti salah dalam analisa harga pembelian dan analisa kompetitor, salah mengerti tentang harga tanah matang dan tanah mentah. Asal tubruk dalam membeli lahan tanpa analisa kelayakan.

Selain itu tema arsitektur juga sangat menentukan dalam minat beli calon konsumen. Developer harus pintar-pintar menawarkan produk dengan disain yang lagi trend dan sesuai dengan selera di suatu daerah, menyesuaikan model dan tema disain dengan kearifan lokal.

cara take over proyek

Prinsip Dalam Take Over Proyek Perumahan

Prinsip utama yang harus dipenuhi dalam take over proyek adalah segala hak dan kewajiban developer lama menjadi hak dan kewajiban developer baru atau developer yang men-take over, termasuk tanggungjawab pelaksanaan proyek.

Jika ada hutang-hutang developer lama menjadi kewajiban developer baru untuk menyelesaikan. Menyelesaikan dalam artian me-renegosiasi dengan kreditur atau dengan cara-cara lain yang menyebabkan kreditur senang. Atau dengan cara yang lebih elegan adalah hutang-hutang tersebut dilunasi oleh developer baru.

Tentu saja setelah take over proyek segala tagihan piutang atau uang masuk proyek juga menjadi haknya developer baru. Proyekpun akan muncul sebagai proyek dengan identitas baru dan pemilik baru.

Disinilah diperlukan kejelian developer baru melihat peluang proyek ke depan. Selain kemampuan melihat peluang, developer baru juga harus mempersiapkan effort ekstra untuk merubah imej proyek dari status proyek mangkrak menjadi proyek yang on running dan layak beli oleh konsumen.

Take Over dengan Metode Akuisisi Saham

Cara lainnya yang bisa dipakai adalah take over dalam bentuk akusisi saham perseroan developer lama. Nama perusahaan developer tidak berubah hanya saja struktur organisasinya diisi oleh orang-orang baru sesuai dengan unsur yang termaktub dalam akta perseroan setelah terjadi perubahan susunan pemegang saham.

Cara ini cocok untuk proyek-proyek dengan skala besar dan peng-akuisisipun adalah developer yang berpengalaman dan ber-nama. Dengan menempelkan embel-embel โ€˜subsidiary of Developer Besarโ€™ di marketing tools-nya sudah cukup menarik konsumen dan menjamin proyek sukses jaya. ๐Ÿ˜€

Klik link di bawah ini untuk mengajukan proyek untuk di-take over:

Kami menerima take over proyek properti, perumahan atau ruko dan lain-lain

Lihat artikel lainnya:
Setelah semua perijinan selesai dan proyek dinyatakan bisa dilaksanakan, maka pekerjaan...
Dalam setiap Workshop Developer Properti yang saya lakukan selalu ada sesi tanya...
Pemasangan media promosi untuk memasarkan proyek wajib dilakukan. Media promo...
Anda bebas menentukan harga jual produk anda, itulah sifat baik dari bisnis properti....
Pada prinsipnya pemasaran sudah bisa dimulai saat perijinan proyek (Ijin Mendirikan...
Banyak orang berpendapat bahwa berbisnis property sudah dipastikan pelakunya akan...

Article Tags:

Begini Cara Take Over Proyek Properti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *