Banyak orang yang penasaran dan ingin tahu seberapa besar biaya yang dihabiskan untuk membuat taman rumah mewah.

Berbicara tentang budget, memang tidak ada patokan yang pasti, karena biaya yang dihabiskan tidak hanya tergantung dari besar kecilnya ukuran lahan, tapi juga dipengaruhi oleh berbagai komponen yang digunakan untuk pembuatan taman yang meliputi komponen softscape, hardscape serta artscape.

Sementara besarnya biaya untuk pembelian komponen-komponen itu sendiri juga tergantung dari jumlah dan jenisnya, dimana masing-masing taman jumlahnya tidak sama dan juga dengan jenis yang berbeda.

Menghitung budget untuk membuat taman di rumah mewah, pada kesempatan ini akan kita fokuskan pada komponen softscape, karena terlalu panjang jika harus mengupas tentang komponen hardscape yang berupa lahan serta artscape yang berupa sarana pendukung pembuatan taman.

Sebagai contoh untuk salah satu jenis artscape berupa penerangan saja, ragamnya cukup banyak mulai dari lampu surya, lampu sensor cahaya, lampu taman 3D dan sebagainya yang masing-masing terdiri dari berbagai bahan seperti plastik, kaca dan stainless. Belum lagi komponen artscape yang lain, sehingga cukup panjang jika dikupas secara keseluruhan.

Baca juga: Workshop Developer Properti di Indonesia yang Wajib Anda Ikuti

Komponen softscape pada pembuatan taman rumah yang mewah, adalah komponen utama dalam bentuk komponen lunak berbagai jenis tanaman yang ditanam di dalam taman. Komponen softscape ini terdiri atas 3 macam, yaitu tanaman hias ground cover, tanaman hias perdu dan tanaman hias peneduh.

Harga dari ketiga jenis tanaman hias tersebut untuk masing-masing daerah berbeda, sehingga dalam tulisan ini akan kita ambil kisaran harga rata-rata.

Tanaman Hias Ground Cover

Untuk sebuah taman mewah dengan luas sekitar 50 meter2, banyaknya varian tanaman yang dibutuhkan antara 5 sampai 10 jenis tanaman dengan diameter tanaman berkisar antara 13 – 19 cm yang nantinya akan menempati lahan taman seluas 8 meter2.

Jika dibandingkan dengan jenis tanaman lain pada komponen softscape, ukuran lahan yang ditempati Ground Cover lebih luas karena  jenis tanaman ini memang menjadi border taman guna menciptakan nuansa dan degradasi pandangan sehingga keberadaannya mendominasi isi taman.

Sedang harga dari masing-masing tanaman tersebut berbeda dengan kisaran antara Rp.4.500 –  Rp.50.000.

Tanaman Hias Perdu

Untuk taman dengan luas sekitar 50 meter2, dibutuhkan sekitar 3 – 4 jenis tanaman perdu dengan ukuran diameter batang tanaman sekitar 25 – 40 cm. Tanaman perdu ini nantinya akan menempati lahan seluas 4 meter2.  Harga tanaman perdu tergantung dari jenis, umur dan besar-kecilnya batang tanaman dengan kisaran harga antara Rp.50.000 – Rp 1 juta.

Tanaman Hias Peneduh

Taman dengan luas sekitar 50 meter2 membutuhkan tanaman peneduh sekitar 3 – 4 batang pohon dengan jenis yang berbeda atau jenis yang sama, tergantung dari selera.

Tanaman yang digunakan memiliki kisaran diameter batang antara 80 – 120 cm dan akan menempati area taman seluas 3 meter2.

Sama halnya dengan tanaman perdu, harga tanaman peneduh perdu tergantung dari jenis, umur dan besar-kecilnya batang tanaman dengan kisaran harga antara Rp 1 juta – Rp.25 juta.

Dengan mengetahui rincian harga dan banyaknya tanaman yang dibutuhkan untuk masing-masing komponen softcase, secara garis besar akan dapat dirinci seberapa besar anggaran yang harus dikeluarkan untuk komponen ini.

Anggaran tersebut tidak termasuk ongkos transportasi serta penanaman, dan juga belum termasuk budget untuk pembelian rumput hias.

Kebutuhan rumput hias bagi taman rumah mewah seluas 50 meter2 sekitar 35 meter2 dari keseluruhan luas taman. Harga rumput hias tersebut tergantung jenisnya dengan kisaran harga antara Rp.25.000 –  Rp.30.000 permeter2

 

Lihat artikel lainnya:
Lahan yang sempit bukan penghalang untuk dapat memiliki taman yang indah. Dengan...
Berbicara tentang taman, gambaran sebagian besar orang akan tertuju pada sebidang...
Perencanaan lahan yang dimaksud di sini meliputi desain masterplan atau siteplan...
Desain interior ruang tamu butuh perhatian yang serius, karena tempat inilah bagian...
Siapa bilang rumah berukuran sempit akan membuat sesak para penghuninya sehingga...
Keterbatasan dana internal perusahaan seringkali menjadi hambatan bagi developer...
Berapa Biaya Pembuatan Taman untuk Rumah Mewah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *