Tingginya kebutuhan akan property yang dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan membuat banyak orang tertarik untuk belajar menjadi developer perumahan, karena keuntungan yang diperoleh developer memang cukup menjanjikan.

Setidaknya keuntungan sebesar 25 – 30 persen bahkan lebih dari jumlah modal akan dapat diperoleh dalam kurun waktu sekitar 2 tahun, tentunya jika diiringi dengan strategi yang tepat. Namun begitu bukan berarti mudah untuk dapat terjun di dunia properti.

Siapapun yang ingin menjalankan bisnis ini harus melalui serangkaian tahap sebelum dapat meraih kesuksesan. Berikut tips dan langkah yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk menggeluti bisnis di bidang properti.

Perluas Pengetahuan

Bisnis apapun dibutuhkan pengetahuan yang mendalam tentang bisnis yang bersangkutan, begitu juga untuk menjadi seorang developer.

Setidaknya, seorang developer harus memahami secara makro tentang berbagai aktifitas yang mesti dikerjakan, dan pengetahuan yang wajib dipahami tersebut meliputi aspek dasar developer properti serta metodologi kelola.

Pengetahuan yang mesti dipelajari untuk menjadi developer dapat diperoleh dari berbagai sumber, mulai dari belajar secara langsung pada para pelaku developer, lewat buku-buku tentang properti, melalui situs-situs yang ada di internet maupun lewat sumber-sumber yang lain.

Cari Lahan yang Layak

Jika pengetahuan yang menjadi bekal Anda sudah mencukupi, tiba saatnya untuk mencari lahan yang layak, sebab lahan merupakan kebutuhan vital sebagai bahan baku seorang developer, karena tanpa lahan, mustahil untuk dapat membangun proyek properti.

Baca juga: Workshop Developer Properti di Indonesia yang Wajib Anda Ikuti

Pemilihan lahan yang layak merupakan strategi untuk mendapatkan keuntungan bagi developer, dan bukan dari pengerjaan bangunan, sebab keuntungan dari sisi pengerjaan bangunan merupakan bagian dari kontraktor.

Untuk memperoleh lahan yang layak dieksekusi, serangkaian pertimbangan harus dilakukan, dan pertimbangan tersebut meliputi lokasi lahan, kondisi fisik, peruntukan, harga dan sistem pembayaran.

Pertimbangkan Harga

Belajar untuk menjadi developer perumahan salah satunya adalah mempelajari pengertian tentang tanah mentah dan tanah matang guna menghindari kekeliruan dalam menghitung harga tanah. 

Cara mudah untuk menganalisis harga tanah adalah dengan melihat harga pasar di lokasi sekitar lahan yang akan diakuisisi.

Namun ada lagi cara mudah lainnya yaitu dengan memperkirakan harga perumahan eksisting sebelum melakukan analisa harga tanah feasible.

Sistem Pembayaran

Kesepakatan dengan pemilik lahan terhadap sistem pembayaran merupakan faktor penting yang menjadi bahan pertimbangan, karena akan menentukan initial cost.

Dengan sistem pembayaran lunak, akan membuat Anda lebih leluasa dalam mengelola proyek terlebih yang berkaitan dengan cashflow, sebab muaranya ada pada harga jual ulang yang Anda lakukan terhadap customer yang jatuhnya lebih murah dibanding kompetitor, sehingga Anda dapat memenangkan persaingan.

Menjadi lebih menguntungkan lagi jika jual beli lahan dilakukan dengan sistem kerjasama lahan lewat pola bayar mundur atau pola bayar termin.

Kondisi Fisik Lahan

Lakukan analisis terhadap kondisi fisik lahan dengan melihat kontur tanah, sebab jika pembelian lahan dilakukan sembarangan ada kemungkinan Anda keliru dalam memilih lahan, sehingga butuh biaya tambahan agar tanah tersebut dapat dimanfaatkan untuk mendirikan bangunan.

Lahan yang baik memiliki kontur datar yang terdiri atas tanah keras dilengkapi  saluran pembuangan di sekitar lokasi.

Dengan kontur tanah yang datar, hanya butuh land clearing yang bersifat pembersihan tanpa memerlukan alat berat.

Sementara untuk kontur tanah yang bergelombang masih membutuhkan cut and fill dan pengurugan yang tentu saja membutuhkan biaya tidak sedikit, termasuk juga proses pengeringan dan pemadatan.

Itu beberapa tips dan langkah untuk belajar menjadi developer perumahan. Selain itu Anda juga harus belajar tentang kondisi legalitas, analisa lahan, analisa pasar, masterplan, perijinan, pemasaran, konstruksi dan berbagai macam materi lainnya yang berkaitan dengan properti.

Semakin banyak Anda belajar, semakin cepat pula kesuksesan datang menghampiri.

Lihat artikel lainnya:
Sesukses apapun seorang broker profesional, awalnya dia juga seorang broker properti...
  Bisnis properti seperti makhluk indah yang ingin selalu didekati oleh pebisnis...
Nggak salah, pilihan yang tepat jika Anda memutuskan untuk menjadi seorang developer...
Keterbatasan dana internal perusahaan seringkali menjadi hambatan bagi developer...
Kebutuhan akan properti yang terus meningkat setiap tahunnya, market yang masih...
Tidak menutup kemungkinan rumah yang kita tempati sekian tahun, pada suatu ketika...

Article Tags:

Cara Mudah Belajar Menjadi Developer Perumahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *