arsitek elite1

Menjadi kontraktor menjadi salah satu pilihan bagi anda yang ingin terjun di bisnis properti. Namun yang dimaksud di sini adalah kontraktor dengan skala kecil yang dalam melaksanakan borongan pekerjaan tidak membutuhkan teknologi tinggi. Pekerjaan yang bisa dikerjakan dengan kontraktor yang dimaksud di sini adalah pekerjaan yang sederhana seperti membangun rumah tinggal atau rumah toko atau ruko.

Dimana pembangunan rumah tinggal pada prakteknya tidak memerlukan analisa yang terlalu kompleks. Bahkan untuk mengerjakan borongan pembangunan rumah tinggal anda cukup mempekerjakan seorang mandor, nantinya mandorlah dengan dibantu tukang yang akan mengerjakan seluruh pekerjaan sesuai dengan kontrak dengan pemilik.

Poin pentingnya adalah anda harus menemukan seorang mandor yang berpengalaman dan baik hati. Sifat baik hati ini saya masukkan karena banyak kejadian seseorang tertipu oleh mandornya. Modusnya mungkin saja si mandor minta uang untuk belanja material kemudian si mandor tidak kembali lagi ke proyek.

Menjadi kontraktor dadakan ini dilakukan oleh seorang teman saya yang masih bekerja sebagai pegawai swasta, sebut saja namanya Robert. Ketika dia main ke rumah kawannya, dia mengetahui bahwa orang tua temannya bermaksud akan membangun rumah mereka di bilangan Jakarta Selatan. Rumah yang akan dibangun termasuk rumah mewah dengan luas tanah sekitar 400 m2.

Dengan berani Robert mengajukan diri untuk membangun rumah tersebut. Karena orang tua temannya mengenal Robert sebagai orang baik mereka menyetujui wacana tentang Robert yang akan membangun rumah mereka. Karena gambar rumah juga belum ada maka Robert menawarkan diri untuk sekaligus membantu membuatkan disain rumah. Kemudian dia menghubungi temannya yang seorang arsitek untuk membantunya dalam mendisain rumah temannya. Fee disain dijanjikan akan dibayar belakangan setelah ada pembayaran dari orang tuan temannya.

Singkat cerita Robert berhasil mendapatkan kepercayaan dari orang tua temannya untuk membangun rumah mereka. Robert tidak ada latar belakang teknik sipil sama sekali, dia seorang sarjana ekonomi malah tapi dengan kejeliannya melihat peluang maka dia berhasil menjadi kontraktor. Dengan pola pembayaran termin dari pemilik ke kontraktor Robert tidak membutuhkan modal besar untuk memulai proyek ini.

Kemudian dalam pembangunan dia menggandeng seorang mandor yang berpengalaman sehingga proses pembangunan bisa berjalan sesuai dengan perencanaan. Akhirnya rumah selesai sesuai waktu yang disepakati.

Menjadi kontraktor seperti ini tidak bisa mengerjakan proyek besar yang mengharuskan ikut tender. Karena untuk ikut tender ada persyaratan yang harus dipenuhi seperti peserta tender harus badan hukum di bidang jasa konstruksi. Untuk menjadi perusahaan kontraktor banyak syarat yang harus dipenuhi seperti yang diamanatkan undang-undang.

Berhasil pada proyek pertama Robert ketagihan menjadi kontraktor dadakan, strategi yang dipakai untuk mendapatkan proyek adalah dengan menjajikan fee referal kepada orang yang memberikan proyek ke dia. Fee-nya tidak harus besar, kira-kira 5% dari nilai proyek sudah cukup menarik bagi penghubung. Jika Robert bisa harusnya Andapun bisa melakukannya.

Share Button
Lihat artikel lainnya:
Kontraktor adalah mitra yang bisa dimanfaatkan untuk membangun proyek dengan...
Pada sebuah proyek properti ada beberapa tipe pembayaran yang bisa diterapkan...
Setelah semua perijinan selesai dan proyek dinyatakan bisa dilaksanakan, maka pekerjaan...
Kami mengkhususkan diri untuk melayani anda yang membutuhkan kontraktor untuk...
Dalam membangun proyek perumahan diperlukan ijin dari tetangga lokasi proyek...
‘Orang kaya selalu memiliki properti, walaupun dia bukan pebisnis properti”....

Article Tags:

Cara Mudah Menjadi Kontraktor Dadakan

Dapatkan Update Terbaru Tentang Properti

Masukkan nama dan email anda di form di bawah ini, kami akan kirimkan update di inbox anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *