kapal hernan cortesCerita ini tidak ada hubungannya dengan property. Saya tergelitik untuk memposting cerita tentang Hernan Cortes ini karena kisahnya sangat menginspirasi.

Tidak peduli apa pilihan hidup yang anda jalani saat ini, kisahnya tetap relevan dengan kehidupan kita sepanjang kita menginginkan kesuksesan menghampiri.

Tertulis dalam sejarah bahwa Hernan atau Fernando Cortes, seorang pemimpin pasukan berkebangsaan Spanyol bermaksud ingin menaklukkan Mexico pada tahun 1519 M.

Secara logika pasukannya pasti kalah karena hanya berjumlah tidak lebih enamratus orang. Mereka akan menaklukkan negeri dengan pasukan yang lebih banyak dan berpenduduk kurang lebih lima juta orang. Lagi pula expedisi sebelumnya yang dikirim untuk menaklukkan Mexico selalu gagal.

Tetapi, Hernan Cortes merupakan seorang pemimpin yang sangat berani dan cerdas. Singkat cerita pada saat sudah mendarat di Mexico Hernan Cortes membakar armada-armadanya. Dengan demikian tidak ada pilihan lain bagi pasukannya selain maju atau mati.

Mungkin pasukannya berfikir bahwa apabila kita tidak bertempur kita sudah pasti mati tetapi jika berperang dengan berani ada kemungkinan menang atau mati juga.

Maka pasukannya memilih berperang dengan semangat berani mati dan akhirnya menang. Mungkin saja jika Hernan Cortes tidak membakar kapal-kapalnya, maka pasukannya berperang dengan rasa ketakutan dan mereka akan menemukan alasan-alasan untuk kembali ke kapal dan merekapun gagal.

Cerita ini tidak bermaksud membahas tentang penjajahan dengan segala sisi buruknya, melainkan hanya bertujuan untuk memaparkan sekelumit pelajaran atau inspirasi yang bisa diambil dari cara Hernan Cortes memotivasi pasukannya..

Akan halnya dalam hidup ini, pola fikir Hernan Cortes tersebut bisa diterapkan di bidang apapun kita berkecimpung.

Sebagai seorang wiraswasta atau pebisnis terutama, ketika tidak ada pilihan tersedia maka apapun yang ada di hadapan kita sudah pasti kita jalani sampai mendapatkan hasil seperti yang diinginkan.

hernan cortesKarena hanya ada dua kemungkinan, gagal atau sukses. Gagal berarti mati, sukses berarti selamat. Gagal berarti anak istri tidak ternafkahi, dapur tidak mengepul.

Kesuksesan akan menyebabkan anda bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain, terutama bagi orang-orang terdekat anda dan lingkungan. Karena kesuksesan sesungguhnya adalah seberapa bermanfaat kita terhadap orang lain.

Banyak orang bermimpi meraih kesuksesan tetapi tidak memperjuangkan impian mereka dengan sungguh-sungguh. Menemui kendala sedikit saja menyebabkan semangat kendur.

Tidak banyak orang yang sanggup menghadapi sesuatu yang beresiko karena takut akan kegagalan. Padahal sebenarnya kegagalan dengan kesuksesan ibarat dua sisi mata uang. Anda tidak akan sukses jika tidak siap untuk gagal.

Seperti pasukan Hernan Cortes mereka harus memperjuangkan kemenangan dengan bertempur mati-matian karena hanya tersedia satu pilihan kalau ingin tetap hidup. Kemenangan membuat mereka tetap hidup sementara jika mereka kalah mereka akan mati.

Mudah-mudahan cerita pendek ini bisa menginspirasi…

Share Button
Lihat artikel lainnya:
“Negara saya tidak mengirim saya sejauh 7000 km hanya untuk memulai lomba,...
Suatu ketika di abad 15 M pasukan muslim di bawah pimpinan panglima perang yang...
Seorang teman saya, sama-sama warga Kampoeng SyaREA World (KSW)-tempat berkumpulnya...
Suatu waktu saya main ke toko buku Gramedia, sebuah buku yang judulnya agak serem...
“Dijual cepat BU kos-kosan, lokasi dekat kampus, luas tanah 900 m2, 4 lantai,...
Google memberikan manfaat kepada milyaran orang tiap harinya secara gratis maka dia...

Article Tags:

Hernan Cortes, Kisahnya Menginspirasi
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *