Berbicara tentang taman, gambaran sebagian besar orang akan tertuju pada sebidang tanah yang ditanami berbagai jenis tanaman hias di depan rumah.

Jarang sekali orang yang membayangkan taman di belakang rumah, sehingga para pengembang rumah tipe minimalis modern pada umumnya akan melengkapi rumah yang mereka tawarkan dengan taman di depan rumah serta sebidang lahan yang dibiarkan kosong di belakang rumah.

Sesempit apapun lahan di belakang rumah, akan menjadi tidak baik jika dibiarkan terbengkalai.

Semak belukar yang tumbuh tidak terawat, tidak hanya akan mengotori pemandangan tapi juga bisa menjadi sumber penyakit.

Untuk itu, manfaatkan lahan tersebut sebagai taman, karena banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan membuat taman minimalis belakang rumah.

Berikut beberapa benefit yang bisa didapatkan:

Menambah Keindahan Rumah

Daya kreatifitas ditambah sentuhan  nilai seni membuat lahan sesempit apapun tidak menjadi penghalang untuk berkreasi dengan berbagai jenis tanaman.

Malahan dengan lahan yang sempit dan terbatasnya jenis tanaman akan membuat perawatan taman dapat lebih maksimal.

Dengan menuangkan kreatifitas dan sentuhan seni pada lahan di belakang rumah, secara otomatis keindahan rumah menjadi lebih utuh sehingga nilai nominal dari rumah pun ikut meningkat.

Mewujudkan Rumah Sehat

Keberadaan taman di belakang rumah juga dapat memberi kontribusi positif bagi nilai kesehatan bagi penghuni rumah.

Baca juga: Workshop Developer Properti di Indonesia yang Wajib Anda Ikuti

Karena dengan banyaknya tanaman maka dengan sendirinya jumlah pasokan oksigen pun akan bertambah, sebab daun-daun tanaman sebagaimana kita ketahui bersama merupakan tempat untuk memproduksi oksigen lewat proses fotosintesis.

Banyaknya pasokan oksigen akan membuat sirkulasi udara yang bersih dan sehat akan terjadi di dalam rumah, dan sirkulasi udara ini tentunya sangat dibutuhkan oleh penghuni rumah, terlebih mereka yang tinggal di wilayah perkotaan dengan tingkat polusi udara yang cukup tinggi.

Benefit dari sisi kesehatan tersebut akan bertambah lagi jika sebagian tanaman yang menghiasi taman berupa Tanaman Obat Keluarga (Toga).

Sehingga saat dibutuhkan untuk obat herbal, tinggal memetik salah satu tanaman yang ada di taman.

Tempat Berkumpul Keluarga

Berkumpul bersama keluarga memang dapat dilakukan dimana saja, entah itu di ruang tamu, di ruang tengah atau di sudut rumah yang lain.

Namun, berkumpul bersama keluarga di tengah suasana alami berhias tanaman dan bunga-bunga yang indah, nilainya tentu akan berbeda.

Taman di depan rumah memang bisa mengakomodasi, tapi dari sisi privasi sedikit banyak kurang memberi rasa nyaman, karena terganggu oleh hilir mudik kendaraan atau lalu lalang orang-orang yang lewat.

Disinilah peran taman indah di belakang rumah. Dengan nuansa alami yang disuguhkan ditambah indahnya berbagai jenis tanaman serta suasana tenang yang menyelimuti sekeliling akan menghadirkan kenyamanan tersendiri saat dipakai untuk berkumpul bersama keluarga, bercengkeramah dan bersenda gurau sambil menikmati hidangan ringan dan secangkir teh/kopi.

Tempat untuk Bersantai Ria dan Relaksasi

Dengan memiliki taman di belakang rumah Anda akan mudah mendapatkan lokasi untuk bersantai ria.

Memandang berbagai jenis bunga dan tanaman, dapat menjadi salah satu sarana untuk mengendorkan syaraf dan mengurangi ketegangan.

Tidak hanya itu, dengan keberadaan taman di belakang rumah, Anda tidak perlu jauh-jauh untuk melakukan relaksasi setelah pulang dari kerja.

Bahkan, sebelum berangkat kerja pun Anda dapat memompa semangat dengan menikmati sarapan pagi di belakang rumah.

Agar manfaat taman sebagai sarana relaksasi dapat lebih maksimal, pada saat membuat desain taman minimalis di belakang rumah lakukan dengan teliti dan sedetail mungkin, mulai dari menentukan tema sampai dengan menentukan jenis tanaman.

Sehingga taman tersebut nantinya dapat dihiasi dengan ornamen-ornamen serta tanaman-tanaman yang bermanfaat untuk relaksasi, seperti tanaman-tanaman aroma teraphy dan tanaman lainnya.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menghadirkan taman di belakang rumah.

Untuk rumah minimalis, taman tersebut tidak perlu luas yang terpenting adalah pemanfaatan ruang harus dilakukan secara maksimal.

Tanaman ditata dengan baik supaya tidak ada ruang yang terbuang sia-sia.

Dengan membuat taman di belakang rumah Anda akan mendapatkan beberapa manfaat sekaligus, diantaranya mendapatkan keindahan dan kesehatan.

 

Lihat artikel lainnya:
Lahan yang sempit bukan penghalang untuk dapat memiliki taman yang indah. Dengan...
Banyak orang yang penasaran dan ingin tahu seberapa besar biaya yang dihabiskan untuk...
Beberapa minggu lalu saya mendisain lahan untuk dibangun townhouse. Lokasinya di...
Langkah Pertama adalah Mengkonsultasikan Peruntukan Lokasi ke Pemda Setempat Untuk...
Disebut rumah sederhana atau minimalis karena jenis dan jumlah ruang utama yang ada...
Sesukses apapun seorang broker profesional, awalnya dia juga seorang broker properti...
Ini Dia Alasan Anda Harus Punya Taman Minimalis di Belakang Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *