Mendirikan Jasa Konsultan Perencana atau Konsultan Pengawas

Pilihan lainnya bagi Anda yang ingin berbisnis di bidang properti adalah dengan mendirikan jasa konsultan perencana atau konsultan pengawas.

Tugas konsultan perencana adalah melakukan perencanaan proyek sedangkan tugas konsultan pengawas adalah mengawasi jalannya proyek sesuai dengan mutu, biaya dan waktu yang sudah ditetapkan.

Perencanaan yang dilakukan oleh konsultan perencana berkaitan dengan disain proyek, gambar kerja, membuat perhitungan struktur, anggaran biaya, dan lain-lain.

Sedangkan pengawasan yang dilakukan oleh seorang konsultan pengawas berhubungan dengan pengawasan terhadap pelaksanaan kontrak kerja.

Pengawasan dilakukan secara rutin dengan membuat laporan prestasi pekerjaan kepada pemilik proyek. Karena fungsinya mengawasi maka dia juga berwenang memberi peringatan atau menegur apabila ada penyimpangan dalam pelaksanaan proyek.

Lebih jauh dia berhak menghentikan proyek jika peringatan dan teguran tidak diindahkan oleh pelaksana proyek.

Untuk mendirikan jasa konsultan ini juga dibutuhkan tenaga ahli yang sudah memiliki sertifikat keahlian.

Berbisnis Properti dengan Membeli Saat Lelang Eksekusi

Jika tahu caranya Anda bisa mendapatkan untung dengan membeli aset yang sedang dilelang di bank atau Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

Karena mungkin saja properti yang sedang dilelang lebih murah dari harga pasar. Kenapa harganya bisa lebih murah? Karena lelang dilakukan untuk menghindari kreditur dari kerugian bukanlah untuk memberikan keuntungan kepada debitur.

Bagaimana caranya ikut lelang? Caranya mudah sekali, Andabisa mendaftarkan diri dan kemudian mengikuti mekanisme yang ditetapkan oleh panitia lelang, seperti penyetoran uang jaminan, ikut lelang secara fisik atau dengan lelang online melalui internet atau e-auction.

Pelelangan umum dilakukan KPKNL melalui pejabat lelang yang ada di kantor tersebut. Dalam melaksanakan lelang, pejabat lelang harus memperhatikan persyaratan lelang dan tata cara lelang yang diatur oleh kementrian keuangan melalui surat keputusan yang berkaitan dengan lelang.

Namun sejak pemerintah mengeluarkan deregulasi mengenai lelang pada tahun 1996, lelang juga boleh dilakukan oleh balai lelang swasta.

Keuntungan Membeli Properti Melalui Lelang

Properti yang akan dilelang sudah melalui proses penilaian oleh petugas penilai untuk mendapatkan harga optimal dari properti tersebut.

Berdasarkan hasil penilaian maka kreditur menetapkan harga limit penawaran. Dimana harga limit ini menjadi harga penawaran terendah pada saat lelang dilakukan.

Harga limit ini ditetapkan umumnya dan seharusnya lebih rendah dari harga pasar untuk menarik minat calon peserta lelang. Dengan demikian jika mengikuti lelang peserta akan mendapatkan harga yang lebih murah. Itulah daya tariknya.

Properti Lelang Aman Secara Legalitas

Keuntungan lainnya membeli properti lelang eksekusi adalah legalitas dari properti tersebut terjamin keamanannya karena sebelum lelangdilakukan balai lelang atau KPKNL sudah memeriksa kelengkapan dokumen sehingga lelang dilakukan sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Karena salah satu persyaratan wajib untuk melakukan lelang eksekusi adalah permohonan Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT) ke kantor pertanahan setempat.

SKPT diperlukan untuk mengetahui kondisi legalitas properti tersebut, dimana dalam SKPT akan terlihat catatan-catatan apa saja yang ada pada sertifikatnya.

Tetap Cermat dalam Menilai Harga Properti Lelang

Namun Anda tetap harus cermat menilai harga properti karena tidak semua properti dilelang dengan harga lebih murah dari harga pasar. Anda tetap harus melakukan penilaian sendiri harga properti tersebut.

Karena kreditur atau pemilik tentu menginginkan propertinya terjual dengan harga setinggi-tingginya. Hal ini menyebabkan tak jarang kita melihat ada event lelang yang tidak ada pesertanya.

Jika lelang yang dilaksanakan tidak ada pesertanya, maka kreditur melakukan lelang berikutnya dengan harga limit yang lebih rendah dari lelang sebelumnya, jadi tidak tertutup kemungkinan properti tersebut baru berhasil dilelang dalam beberapa kali lelang.

Jadi jika masih mengincar properti yang sama, tunggu saja lelang berikutnya, bisa dipastikan harga limit-nya turun. 

Temui Pemilik Properti Terlebih Dahulu

Langkah ini sebaiknya Anda lakukan sebelum ikut lelang karena pada umumnya objek yang dilelang dalam kondisi apa adanya. Maksudnya, jika properti masih ditempati oleh pemilik maka mungkin saja Anda butuh langkah tambahan—seperti membayar dalam jumlah tertentu kepada pemilik, agar si pemilik menyerahkan propertinya kepada pemenang lelang. Karena banyak kejadian si pemilik tidak rela propertinya dilelang walaupun lelang dilakukan sah secara hukum.

Jika Anda menemukan properti dengan kondisi seperti ini, diskusikan dengan pemiliknya langkah-langkah yang harus dilakukan. Dengarkan keinginan mereka, setelah semua jelas dan ada solusinya barulah Anda ikut lelang.

Mendirikan Jasa Konsultan Developer

Pilihan lainnya bagi Anda untuk berbisnis properti adalah dengan mendirikan jasa konsultan developer properti. Jasa ini dibutuhkan oleh orang yang ingin menjadi developer properti tetapi belum memiliki pengalaman. Mereka membutuhkan pihak lain untuk memberikan jasa konsultasi tentang proyek properti.

Oleh karena itu seorang konsultan developer harus menguasai seluruh proses pengerjaan proyek properti mulai dari langkah-langkah mengakuisisi lahan, mengurus sertifikasi tanah, mengurus perijinan proyek, membuat perencanaan proyek seperti membuat siteplan, desain unit dan pembuatan fasilitas umum dan fasilitas sosial (fasum dan fasos) dan perencanaan proyek lainnya secara keseluruhan.

Selain itu tugas seorang konsultan developer properti adalah membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB), business plan proyek, Standard Operating Procedure (SOP)termasuk pembuatan segala macam surat perjanjian dengan pihak ketiga.

Tidak hanya itu, seorang konsultan developer wajib memberikan konsultasi tentang proses pembangunan fisik proyek, pemasaran, termasuk konsultasi tentang pengurusan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), administrasi, keuangan, sampai pembentukan tim kerja atau perekrutan karyawan oleh Human Resource Department (HRD).

Pendeknya pekerjaan seorang konsultan developer adalah membimbing developer baru supaya bisa menjalankan proyeknya, tentu saja dengan sejumlah uang jasa. Besarnya uang jasa ini berdasarkan kesepakatan para pihak saja.

Mendirikan Jasa Pengurusan KPR

Selanjutnya Anda bisa mendirikan jasa pengurusan KPR untuk berbisnis di bidang properti. Jasa mengurus KPR diperlukan oleh orang yang akan mengajukan KPR tetapi tidak memahami prosesnya atau mereka tidak punya waktu mengurusnya sendiri.

Diharapkan dengan adanya bantuan dari jasa pengurusan KPR ini, waktu mereka bisa lebih efektif dan peluang untuk mendapatkan persetujuan kredit lebih besar dari pada mengurus sendiri.

Karena KPR diajukan setelah data-data sesuai dengan ketentuan dari bank dan sesuai dengan kondisi keuangan pemohon.

Tugas jasa pengurusan KPR ini cukup sederhana yaitu mengurus kelengkapan berkas persyaratan KPR sesuai dengan ketentuan bank kreditur dan mengajukannya kepada bank.

Tidak Perlu Ijin Resmi dari Siapapun untuk Mendirikan Jasa Pengurusan KPR

Untuk mendirikan jasa pengurusan KPR ini sangat mudah karena tidak memerlukan ijin dari instansi manapun. Salah satu syarat wajibnya adalah Andaharus dapat menemukan orang yang akan mengajukan KPR dan mereka bersedia dibantu. Kreatifitas Anda dibutuhkan untuk menemukan orang yang bersedia dibantu pengurusan KPR-nya.

Selain itu agar Anda sukses di bisnis ini, Anda harus memahami tata cara pengajuan KPR beserta syarat-syaratnya. Akan lebih bagus lagi jika Anda mengenal beberapa ‘orang bank’, mengetahui dan memahami syarat-syarat dan kondisi pengajuan KPR masing-masing bank, sehingga nantinya Anda dapat dengan mudah mengarahkan pengajuan KPR klien Anda kepada bank  yang sesuai denga kondisi keuangan klien Anda.

Bekerjasama dengan Developer Properti

Akan lebih bagus lagi jika Andaberkenalan dengan developer properti yang sedang memasarkan produknya. Kemudian Anda tawarkan jasa untuk mengurus KPR untuk konsumennya.

Anda berpeluang bekerjasama dengan mereka karena mungkin saja ada developer yang tidak mau pusing mengurus KPR konsumennya sehingga pengurusan KPR diserahkan kepada orang lain.

Mendirikan Jasa Pengurusan Sertifikat dan Perijinan Proyek

Rudi Thomson Bin Zaini adalah seorang warga asli Jakarta yang tinggal di daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan. Dia mengenal semua orang di kampungnya. Ketika ada orang kampungnya—sebutlah Pak Haji—berniat membeli sebidang tanah, maka Rudi menawarkan jasanya.

Jasa yang pertama dia tawarkan adalah untuk mengurus sertifikat tanah tersebut karena tanahnya masih berupa girik.

Awalnya dia juga tidak tahu cara mengurus setifikat tapi bermodal keberanian dan keinginan yang kuat untuk sukses maka dia mempelajari cara mengurus sertifikat tanah sampai akhirnya dia mampu membuat sertifikat tanah Pak Haji.

Rencananya,Pak Haji akan membangun tanah tersebut menjadi townhouse dengan beberapa unit rumah dan Pak Haji juga meminta bantuan Rudi untuk melakukan pemecahan sertifikat tanahnya sesuai dengan siteplan yang sudah dibuat. Pemecahanpun dapat diselesaikan dalam waktu 20 hari saja.

Selanjutnya Pak Haji akan mengurus perijinan townhouse-nya, juga dengan meminta bantuan ke Rudi, karena Rudi merupakan penduduk setempat tentu mengenal pegawai kecamatan yang kebanyakan juga penduduk setempat.

Karena saling mengenal maka proses pengurusan perijinan menjadi lebih mudah. Dan dalam waktu yang tidak terlalu lama Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) townhouse tersebut juga selesai.

Cerita sukses Rudi dengan pekerjaannya yang bisa mengurus sertifikat dan perijinan perumahan diketahui oleh teman-temannya, walhasil ketika ada orang yang ingin melakukan hal yang sama maka mereka merekomendasikan Rudi untuk mengurus.

Karena Rudi orang baik dan tidak kemaruk, tak lupa ia memberikan sekedar ‘uang jasa’ untuk mereka yang memberinya klien.

Itulah cerita sukses Rudi, yang menyediakan jasa mengurus sertifikat tanah dan perijinan proyek. Selanjutnya dalam proses interaksinya dengan pemilik dan pelaksana proyek diapun mengetahui strategi menjadi developer properti dan bercita-cita ingin menjadi developer properti juga.

Saatnya Naik Kelas Menjadi Developer Properti

Waktupun berlalu, Rudi selalu ingat cita-citanya menjadi developer properti. Dan peluangpun datang, ketika ada orang yang menawarkan sebidang tanah yang bagus untuk dibangun rumah dekat tempat tinggalnya. Tanahnya tidak begitu luas hanya bisa untuk dibangun 2 unit rumah.

Kemudian dia minta bantuan ke temannya yang seorang arsitek untuk membuat desain rumahnya. Setelah desain selesai dia mengurus IMB ke kantor kecamatan.

Pekerjaan selanjutnya adalah dia memasarkan ke orang-orang kampungnya. Belum ada proses pembangunan sudah ada orang yang bersedia membeli dan membayar uang muka.

Konsumen ini bersedia membayar uang muka walaupun belum ada rumahnya karena dia kenal baik dengan Rudi dan dia memang sedang butuh rumah. Kemudian Rudi mencari mandor untuk membangun rumahnya dengan sistem swakelola saja. Jadi proses pembangunan dijalankan oleh mandornya tetapi pengawasan tetap dilakukan oleh Rudi sendiri.

Demikian juga pembelian material juga dilakukan sendiri sesuai permintaan mandornya. Karena sudah ada progres pembangunan pada unit pertama, unit selanjutnya lebih mudah terjual bahkan dengan harga yang lebih baik dari unit pertama.

Prosesnyapun sama dengan unit pertama yaitu dengan cara inden. Jadi bisa dikatakan untuk membangun, Rudi tidak membutuhkan uang dari kantongnya sendiri.

Demikian cerita Rudi yang sukses bertransformasi dari seorang penyedia jasa pengurusan sertifikat dan perijinan menjadi developer townhouse. Cita-citanya suatu saat dia ingin memiliki proyek dengan skala lebih besar. Mudah-mudahan terkabul yaRud.

 

Masukkan Nama dan Email Anda untuk Mendapatkan Info Lengkap Workshop Developer Properti

Lihat artikel lainnya:
Banyak pilihan bisnis yang bisa Anda jalani di bidang properti, diantaranya menjadi...
Sebagai perusahaan pengembang (developer), maka orang yang bertanggungjawab di...
Kontraktor adalah mitra yang bisa dimanfaatkan untuk membangun proyek dengan...
Jika lokasi proyek anda bukan di pinggir jalan utama, maka perlu anda perhatikan...
Pada prinsipnya pemasaran sudah bisa dimulai saat perijinan proyek (Ijin Mendirikan...
Perencanaan lahan yang dimaksud di sini meliputi desain masterplan atau siteplan...
Ini Dia Beberapa Pilihan Bisnis yang Bisa Anda Lakukan di Bisnis Properti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *