john stephen akwari4

“Negara saya tidak mengirim saya sejauh 7000 km hanya untuk memulai lomba, tapi mereka mengirim saya untuk menyelesaikan perlombaan”

Begitu kata John Stephen Akwari-seorang atlet lari marathon asal Tanzania, ketika ditanya kenapa dia tetap melanjutkan lomba padahal kakinya cedera parah karena kecelakaan fatal dengan beberapa pelari beberapa kilometer menjelang finis. Orang-orang menyarankan supaya dia tidak melanjutkan lomba tapi dengan komitmen yang kuat dia tetap melanjutkan, meyelesaikan apa yang ditugaskan oleh negaranya kepadanya.

 

john stephen akwari6

john stephen akwari5

Peristiwa ini terjadi ketika Olimpiade Mexico Tahun 1968. Ketika juara telah ditentukan beberapa jam sebelumnya, ketika para penontonpun sudah banyak meninggalkan stadion dan ketika matahari sudah mau terbenam, dengan tertatih-tatih dan kaki dibalut perban dan diiringi beberapa petugas dan awak media John Stephen Akwari tetap berlari menyelesaikan lomba.

Apa yang dapat kita pelajari dari seorang John Stephen Akwari?

Namanya dikenang sebagai Pahlawan Olimpiade bukan karena dia meraih medali emas, tapi karena komitmennya yang luar biasa terhadap apa yang dia lakukan. Dia tidak menyerah karena keadaan, dia berjuang gigih walaupun mengalami cedera parah.

Cerita ini bisa dijadikan inspirasi bagi kita, apapun yang terjadi kita harus tetap berjuang gigih untuk mencapai impian-impian kita. Tantangan dan halangan adalah bumbu-bumbu yang memberi nuansa sedap dalam perjalanan hidup.

Teruslah berjuang karena sukses tidak hanya dinilai dari hasil akhir tapi juga dinilai dari proses yang dilakukan dalam meraihnya. Selesaikanlah perlombaan dalam hidup anda dengan komitmen untuk mencapai tujuan.

Sering kita mendengar bahwa sebenarnya tidak ada orang yang gagal, yang ada hanyalah orang yang cepat berhenti mencapai tujuannya.

Adalah tidak mungkin perjalanan meraih kesuksesan dalam hidup dilalui dengan nyaman, semua terbentang sesuai dengan harapan. Dibutuhkan komitmen yang kuat dan persistence untuk meraih tujuan, onak dan duri musti dilalui dan disingkirkan, kerikil tajam mengintai setiap derapan langkah.

Jika anda memilih untuk menghindari itu semua dan mencari jalan pintas untuk sukses, anda tidak akan mendapatkannya. Karena memang tidak ada jalan pintas untuk mencapai kesuksesan, semua memerlukan proses dan harus dilalui.

Halnya John Stephen Akwari, karena komitmennya itu dia dianugerahi Medali Pahlawan Nasional oleh pemerintah Tanzania tahun 1983 dan dia diundang secara khusus pada Olimpiade 2000 di Sidney dan Olimpiade 2008 di Beijing.

Namanya terus dikenang sebagai simbol komitmen dan kegigihan dalam perjuangan dalam menyelesaikan perlombaan. Komitmen yang dimilikinya melambangkan semangat olimpiade.

Salut padamu Pak Stephen

Share Button
Lihat artikel lainnya:
Hari itu di Hotel Pullman Jakarta saya ketemu dengan alumni peserta Workshop...
Seorang kawan saya dibuat pusing tujuh keliling oleh kliennya. Ceritanya begini,...
Kejadian ini aneh, tapi terjadi, ini aneh tapi nyata. Saya awalnya tidak percaya...
Seorang teman saya bercerita bahwa beberapa tahun lalu dia membeli property berupa...
“Sejak memulai proyek pertama, saya sudah memiliki rumah 7 unit di 5 lokasi...
Salah satu kalimat bijak yang terus saya ingat adalah kalau ingin sukses kita...
Komitmen Seorang John Stephen Akwari

Dapatkan Update Terbaru Tentang Properti

Masukkan nama dan email anda di form di bawah ini, kami akan kirimkan update di inbox anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *