Pentingnya Aspek Marketing dalam Kesuksesan Proyek





Share Button

pentingnya aspek marketing dalam pemasaran proyekAspek marketing merupakan ujung tombak setiap bisnis, begitu juga di bidang property. Pada prinsipnya pemasaran pada primary product sama saja dengan secondary product, karena pada dasarnya pemasaran adalah bagaimana kita memperkenalkan produk yang akan kita jual kepada calon konsumen.

Kegiatan pemasaran proyek secara umum bisa dilakukan dengan tiga cara, yaitu dengan media online, media cetak dan offline. Bisa dilakukan salah satu, dua atau ketiganya.

Dalam marketing berlaku rumus semakin sering kita melakukan pemasaran produk kita semakin besar pula peluang produk kita dikenal masyarakat sehingga kemungkinan terjual semakin besar.

Pemasaran melalui media online bisa dilakukan dengan membuat website khusus untuk project tertentu. Banyak tenaga marketing membuat website untuk project hanya berupa blog pribadi gratisan, seperti blogspot dan wordpress. Hal ini sudah cukup membantu memberikan penjelasan mengenai product knowledge yang dipasarkan.

Cara pembuatan blog tersebutpun sangat mudah, just plug and play. Caranya bagaimana? kunjungi blogspot.com atau wordpress.com, anda akan dipandu untuk membuat blog hanya dalam waktu 5 menit bahkan kurang. Interface masing-masing platform juga sangat user friendly.

Jika anda cukup memiliki pengetahuan bisa membuat blog dengan Top Level Domain (TLD) yang memberikan kesan profesional. Langkah sederhananya adalah beli domain, sewa hosting, instal platform yang digunakan pada cpanel hosting, dan login ke dashboard admin anda (untuk CMS WordPress). Yup, Thats all.

Untuk perusahaan yang membutuhkan branding, sebaiknya membuat website resmi perusahaan yang bisa juga difungsikan memuat proyek-proyek yang sedang dikembangkan. Dengan adanya website resmi ini konsumen bisa dengan bebas meng-eksplore segala sesuatu tentang perusahaan dan proyek, yang pada ujungnya jika website ini dibuat secara profesional maka akan menimbulkan kesan positif terhadap perusahaan.

Ingat, sekarang adalah jaman teknologi informasi, dimana apapun kebutuhan yang dirasakan oleh seseorang maka orang tersebut cenderung mencarinya diinternet untuk langkah pertama.

cara mendapatkan modal kerjaUntuk lebih men-trigger pengunjung website, bisa dilakukan dengan pay per-click (PPC). Program periklanan ini disediakan Google dengan membuka account di Google Adwords.

Pemasaran online juga bisa dilakukan dengan beriklan di media online yang khusus menyediakan layanan beriklan, seperti kaskus, tokobagus, berniaga, rumah.com, rumah123.com dan lain-lain. Dalam prosesnya media tersebut ada yang gratis dan ada juga yang memungut sejumlah biaya.

Metoda pemasaran lainnya yaitu dengan pemasangan iklan di media cetak, seperti koran dan majalah. Beriklan di media cetak mempunyai segmentasi pasar yang berbeda. Media cetak yang paling banyak diminati untuk memasang iklan property adalah harian Kompas untuk kelas menengah ke atas dan koran daerah untuk daerah masing-masing.

Khusus untuk Jabodetabek, beriklan di harian Poskota cukup memberikan pengaruh terhadap penjualan khusus untuk produk menengah ke bawah.

Seperti sudah kesepakatan semua pengiklan bahwa pemasangan iklan lebih banyak pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Dan memang pada kenyataannya bahwa respon iklan yang bagus pun hanya terjadi pada hari-hari tersebut.

Pemasaran offline konvensional bisa dilakukan dengan banyak cara, diantaranya

Direct Selling

Presentasi secara langsung ke calon konsumen dan mengirimkan surat penawaran pembelian rumah ke berbagai perorangan dan instansi yang telah ditetapkan sebagai target pasar.

Marketing Event

  • Pameran di mall dan pusat keramaian sesuai dengan kalender EO
  • Mengikuti event pameran property

Manual Promo

  • menyiapkan inhouse marketing di lokasi proyek
  • memasang outdoor media promo di titik-titik strategis di luar lokasi proyek, seperti rountag, baliho, billboard, spanduk, dll
  • memasang outdoor media promo di dalam proyek, seperti  umbul-umbul, baliho, dll
  • menyebar brosur dan media promo lainnya secara masif di tempat-tempat strategis seperti di jalan yang ramai, ATM, perumahan sekitar proyek, kantor dan pabrik, dll

 

 

Share Button
See more..
Apa yang perlu dipersiapkan untuk menjadi Professional Broker
Seperti juga profesi lainnya, menjadi Professional Broker (PB) yang sukses membutuhkan kesiapan, baik...
Pentingnya Aspek Pasar Dalam Penyusunan Studi Kelayakan Proyek Property
Aspek pasar adalah inti dari penyusunan Studi Kelayakan Proyek, karena permintan pasar terhadap produk...
Tempat Memasang Iklan Online yang Paling Bagus untuk Memasarkan Property Anda
Akhir-akhir ini jumlah pemakai internet di Indonesia meningkat pesat, tercatat pada tahun 2013 mencapai...
Cara Mudah Menerapkan Sistem Referral dalam Marketing Property
Sistem referral dalam pemasaran property (khususnya rumah) memiliki impact yang besar untuk memacu penjualan....
Product Knowledge, Senjata Ampuh Professional Broker
Penguasaan terhadap product knowledge merupakan syarat mutlak yang wajib dimiliki oleh seorang broker...
Aspek Dasar Developer Property
Developer property, yang dalam tulisan ini dikhususkan developer perumahan, untuk selanjutnya hanya ditulis...
Pacu Penjualan dengan Menurunkan Target Profit untuk Mendulang Untung
Bagi developer menjual secepat mungkin dan sebanyak mungkin adalah wajib hukumnya. Apalagi proyek dikerjakan...
Cashback, Killing Marketing Method
“Dapatkan cashback 18 juta tiap pembelian unit rumah kami” Kalimat tersebut sering kita baca di...

Article Tags:

One Response to “ Pentingnya Aspek Marketing dalam Kesuksesan Proyek ”

  1. […] 5. Aspek Marketing […]

Discussion Area - Leave a Comment




XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *