Bagi Anda yang sudah ‘nekad’ ingin menekuni bisnis developer properti, tetapi tidak memiliki cukup uang untuk memulainya bisa memanfaatkan sumber daya orang lain, berikut teknik-teknik yang bisa Anda lakukan.

Memanfaatkan Tanah Orang Lain

Tanah merupakan bahan baku utama dalam bisnis properti, tanpa tanah tidak mungkin kita mambangun proyek properti. Selain menjadi bahan baku utama, tanah juga mengambil porsi yang besar dalam hal permodalan proyek.

Jika Anda tidak punya tanah dan tidak punya uang untuk beli tanah, logikanya Anda tidak akan mungkin jadi developer properti. Tapi enaknya di bisnis properti, tidak punya tanahpun kita bisa memiliki proyek properti.

Ada teknik-teknik yang bisa dipakai untuk ‘mengakali’ memiliki tanah tanpa membeli, tanpa bayar uang kepada pemilik lahan.

Teknik yang lazim digunakan adalah kerjasama lahan, dimana pemilik lahan dianggap bagian dari pemilik proyek sehingga dia berhak untuk mendapatkan keuntungan proyek.

Antara anda sebagai developer dan pemilik tanah dibuatkan perjanjian kerjasama yang saling menguntungkan.

Memanfaatkan Modal Orang Lain

 

Setelah mendapatkan tanahnya, Andapun masih kesulitan untuk membiayai pelaksanaan proyek, karena proyek properti dalam bentuk perumahan, apartemen atau apapun merupakan bisnis yang bersifat padat modal, butuh uang banyak untuk memulai.

Baca juga: Workshop Developer Properti di Indonesia yang Wajib Anda Ikuti

Kondisi ini bisa diatasi dengan mengajak pemilik uang atau investor untuk memodali pelaksanaan proyek. Sebagai imbalan atas modal yang diberikan untuk pelaksanaan proyek ini investor akan mendapatkan bagi hasil dari keuntungan proyek.

Berikan bagian yang cukup besar untuk pemodal ini karena dialah yang menanggung resiko yang paling besar.

Memanfaatkan Pengalaman Orang Lain

Pengalaman orang lain diperlukan supaya kita memiliki success model dalam mengelola proyek properti. Pengalaman orang yang sudah sukses harus dijadikan pedoman untuk kesuksesan bisnis kita, begitu juga pengalaman orang yang gagal juga dijadikan pelajaran agar kita tidak terjerembab dalam lobang yang sama.

Sering-seringlah belajar, sering-seringlah berdiskusi, temukan para pebisnis properti itu di forum-forum bisnis, seminar-seminar property, workshop properti atau dimanapun anda bisa menermukan mereka.

Memanfaatkan Tenaga Orang Lain

 

Anda bukanlah orang yang serba bisa dalam mengerjakan banyak hal, karena anda bukanlah manusia super. Sebagai developer hanya satu syarat yang harus Anda miliki yaitu kemampuan mengelola proyek dan orang-orang yang terlibat didalamnya.

Untuk mendisain Anda tidak perlu jago disain karena Anda bisa menyerahkan kepada arsitek. Untuk membangun Anda bisa serahkan kepada kontraktor atau tunjuk mandor saja juga bisa.

Untuk pemasaran Anda bisa menyerahkan kepada ahli marketing, begitu juga untuk mengurus legalitas Anda tinggal menyerahkan urusan ini kepada bagian legal atau langsung ke Notaris.

Untuk urusan produksi serahkan saja ke seorang yang mengerti tentang konstruksi yang Anda tunjuk sebagai project manager.

Inti dari pembahasan di atas adalah anda harus pintar-pintar meramu strategi untuk bisa mengajak berbagai orang yang memiliki sumber daya berbeda menjadi bagian dari rencana Anda.

Pesan saya jika anda sudah berhasil mendapatkan sumber daya orang lain dan proyek andapun sudah running, jagalah integritas dan kejujuran dalam berbisnis.

Dengan integritas, bisnis properti anda yang awalnya satu lokasi akan dapat dengan mudah menjadi dua lokasi dan terus berkembang.

Jangan pernah ada niat untuk ‘menakali’ pemilik lahan, pemilik modal dan lain-lain. Jika ada kondisi dimana harus ada yang mengalah dalam pengambilan keputusan, saya menyarankan Andalah yang mengalah.

Good luck!

Masukkan Nama dan Email Utama Anda untuk Mendapatkan Info Detil dan Jadwal Workshop Developer Properti

Lihat artikel lainnya:
Ketidakpunyaan modal merupakan penghalang utama orang untuk menjadi developer...
Untuk menjadi developer properti anda harus kreatif, baik dalam proses mencari...
Banyak yang harus Anda pahami terlebih dahulu sebelum memutuskan menjadi developer...
Saat ini, pemilik tanah yang ingin menjual tunai lahannya harus memahami bahwa orang...
Sifat lahan atau tanah yang tidak dapat diperbarui membuat harga aset yang satu ini...
Pada artikel terdahulu sudah dibahas beberapa strategi untuk bernegosiasi dengan...
Pintar-pintar Memanfaatkan Sumber Daya Orang Lain untuk Membangun Bisnis Properti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *