Disebut rumah sederhana atau minimalis karena jenis dan jumlah ruang utama yang ada terbatas sebab memang didirikan di atas lahan yang relatif sempit.

Rumah seperti ini biasanya adalah rumah type 36 dengan jenis ruang utama adalah ruang tamu, kamar tidur, dapur yang biasanya menyatu dengan ruang tengah serta kamar mandi.

Desain rumah sederhana sudah barang tentu cukup simpel, namun demikian jika ditata dengan benar, ruangan yang sempit dan serba terbatas tersebut bisa terlihat mewah dan elegan. Berikut tips untuk membuat rumah minimalis terlihat elegan:

Maksimalkan Fungsi Ruang Tamu

Usahakan ukuran ruang tamu lebih luas dari ruangan yang lain, bila perlu hingga 2 kali lipatnya, karena nantinya ruang tamu ini tidak hanya digunakan untuk menerima tamu tapi juga difungsikan sebagai ruang keluarga.

Karena itu, pilih sofa yang nyaman, tempatkan televisi pada dinding agar tidak menyita space serta hiasi dinding dengan foto dan lukisan.

Kesan modern akan semakin terlihat jika dinding bagian luar diberi jendela kaca penuh yang dilengkapi tirai untuk mengatur masuknya cahaya matahari pada pagi – sore hari.

Hindari Cat Berwarna Putih

Ruangan sempit dan terbatas pada bentuk rumah sederhana akan terasa semakin sesak jika dinding rumah dilapisi dengan cat berwarna putih.

Terlebih jika penerangan di dalam rumah tersebut redup. Hal ini disebabkan karena bayangan pada dinding membuat ruangan terkesan kotor dan kusam.

Itu sebabnya gunakan cat warna apapun sesuai dengan selera Anda, kecuali cat berwarna putih. Selain itu, usahakan penerangan di dalam rumah terang benderang, utamanya ruang tamu yang terlihat dari luar.

Kombinasi Warna Dinding dengan Lantai

Pemilihan warna cat memang bisa tergantung pada selera kecuali cat berwarna putih. Hanya saja sangat dianjurkan untuk menggunakan cat yang memiliki warna cerah pada bagian dinding yang dipadukan dengan cat dengan warna berbeda pada bagian pintu dan jendela.

Dalam memilih warna cat pada dinding serta pintu dan jendela tersebut pertimbangkan kombinasi warnanya dengan warna lantai dan usahakan kombinasi tersebut menciptakan perpaduan yang kontras untuk menciptakan kesan elegan.

Singkirkan Barang-barang yang Tidak Dibutuhkan

Sadari bahwa ruangan di dalam rumah Anda sempit, sehingga jangan dipersempit lagi dengan meletakkan barang-barang yang tidak terpakai atau tidak digunakan.

Baca juga: Workshop Developer Properti di Indonesia yang Wajib Anda Ikuti

Jika ada barang yang sudah tidak dimanfaatkan lagi, singkirkan jauh-jauh dari rumah, dan jika ada barang yang tidak digunakan namun suatu ketika masih akan difungsikan, simpan barang tersebut di dalam almari dan jangan dibiarkan berserakan di lantai atau tergeletak di tempat-tempat lain.

Jika barang yang tidak digunakan saja harus dibuang atgau disimpan, apalagi sampah. Dengan kata lain, seisi ruangan di dalam rumah harus selalu dalam keadaan bersih.

Pilih Dekorasi Ruangan yang Pas

Ruangan yang sempit akan terasa semakin sesak jika dinding yang ada dipenuhi dengan dekorasi yang berlebihan.

Karena itu gunakan aksesoris secukupnya, termasuk foto dan gambar yang digantungkan di dinding.

Boleh saja menempatkan bufet sebagai property penghias ruang ditambah beberapa pernik-pernik di atasnya, namun sekali lagi jangan terlalu berlebihan dalam  menghiasi bufet, karena kesan yang ditimbulkan bukan mempercantik tapi malah membuat ruangan terkesan kumuh dan sempit.

Tips sederhana lainnya untuk membuat denah rumah sederhana untuk memberi kesan luas dan elegan adalah dengan menempatkan sebuah gambar atau lukisan yang menarik berukuran besar pada salah satu dinding ruangan.

Dengan adanya gambar/lukisan besar tersebut perhatian tamu akan terpusat pada gambar/lukisan karena merupakan titik yang paling menonjol di dalam ruangan.

Anda boleh mencoba strategi mendesain rumah sederhana seperti di atas. Namun ini tidaklah baku. Silahkan coba sendiri dan dapatkan feel Anda sendiri dalam mendesain.

 

Lihat artikel lainnya:
Desain interior ruang tamu butuh perhatian yang serius, karena tempat inilah bagian...
Bukan hal yang mudah untuk membuat design interior untuk rumah sederhana, bahkan...
Siapa bilang rumah berukuran sempit akan membuat sesak para penghuninya sehingga...
Berbicara tentang taman, gambaran sebagian besar orang akan tertuju pada sebidang...
Lahan yang sempit bukan penghalang untuk dapat memiliki taman yang indah. Dengan...
Membangun rumah tinggal memang merupakan pekerjaan sederhana bagi sebagian...
Rahasia Mendesain Rumah Sederhana yang Elegan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *