komitmen kuat untuk sukses

Hari itu di Hotel Pullman Jakarta saya ketemu dengan alumni peserta Workshop Developer Properti saya. Ngobrol ngalor-ngidul kesana kemari dari yang ringan sampai yang serius.

Pertanyaan wajib yang saya ajukan jika ketemu para alumni tentu saja tentang implementasi apa yang sudah didapat di Workshop.

“Gimana rencana proyeknya?”, saya bertanya. “Masih belum bisa membuka proyek pak karena masih banyak urusan di luar properti”, timpalnya.

“Saya akan mencoba, I will try” katanya ketika saya tantang dia untuk membuka proyek dalam jangka waktu 4 bulan ke depan.

Mendengar jawaban ini Saya tahu dia akan gagal memenuhi tantangan saya karena dalam kalimat I will try tidak ada komitmen sama sekali terhadap kesuksesan. Dalam kalimat tersebut ada nada excuse jika gagal. Akan banyak sekali alasan yang dijadikan penyebab jika ia tidak memenuhi komitmen tersebut. “Toh saya sudah mencobanya”, kilasnya jika ia gagal.

Komitmen yang lebih baik jika ia menjawab “I will do my best”, saya akan lakukan yang terbaik. Tetapi komitmen jenis inipun tidak memperlihatkan kesungguhan yang kuat.

Betul dia akan berusaha tetapi kalimat excuse juga sudah menunggu jika ia gagal. Jika ketemu halangan ia dengan amat mudah menyerah dan dengan lantang berucap “Saya sudah berusaha yang terbaik, belum masanya saya sukses”. Komitmen tingkat inipun tidak menjamin kesuksesan didapat.

Komitmen selanjutnya adalah orang yang berucap “Saya akan lakukan apapun yang dibutuhkan untuk sukses”, I will do whatever it takes.

Komitmen ini mengandung tekad kuat untuk sukses. Dia akan melakukan apapun agar cita-citanya tercapai. Orang seperti ini jarang gagal karena sekali dia merancang masa depannya, maka apapun akan dilakukan untuk mencapai cita-citanya.

“Baik pak, saya terima tantangan Bapak, paling lambat tanggal 10 September 2016 saya akan memiliki proyek sendiri dengan omset 10 Milyar”. Inilah tekad Sang Juara.

Komitmen ini hanya dimiliki segelintir orang di dunia. Dia mampu menggambarkan secara spesifik dan terukur apa yang dia inginkan dan merancang apa yang akan dilakukannya dan berkomitmen melakukannya apapun yang terjadi.

Sekali komiten itu terucap maka seluruh kemampuannya akan dicurahkan, kekuatan-kekuatan tersembunyi dan kekuatan terbaiknya akan dikeluarkannya, tanpa disadari Insya Allah semesta akan mendukung niat baiknya. Komitmen inilah yang dibutuhkan jika kita ingin sukses…

Salam sukses…

Lihat artikel lainnya:
“Negara saya tidak mengirim saya sejauh 7000 km hanya untuk memulai lomba,...
Kemaren siang saya mengunjungi sebuah perumahan yang dibangun oleh seorang developer...
Tidak berlebihan makna kalimat di atas, bukan merupakan kebenaran mutlak memang....
“Sejak memulai proyek pertama, saya sudah memiliki rumah 7 unit di 5 lokasi...
Suatu waktu saya main ke toko buku Gramedia, sebuah buku yang judulnya agak serem...
Dalam setiap Workshop Developer Properti yang saya lakukan selalu ada sesi tanya...

Article Tags:

Sampai Dimana Komitmen Mu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *