cara mencari modal jadi developerBanyak cara untuk mendapatkan modal kerja sebagai developer. Diantaranya meminjam ke orang tua, saudara, teman, mertua atau mengajukan kredit kontruksi ke lembaga keuangan atau bank.

Meminjam ke orang tua sangat gampang sekali, tinggal datang ke orang tua bermanis-manis ria dan langsung bilang bahwa anda akan berbisnis properti dan membutuhkan modal. Silahkan presentasi kepada orang tua anda dengan rencana bisnis sebaik mungkin, pada akhirnya rasa sayang kepada anak akan mengucurkan pinjaman atau pemberian.

Tentu saja dengan syarat orang tua anda memiliki uang untuk dipinjamkan. Bisa juga meminjam dengan sistem bagi hasil, ini lebih baik karena kita meminjam diiringi oleh kewajiban mengembalikan uang yang dipinjam disertai dengan rencana bagi hasilnya.

Begitu juga meminjam kepada teman untuk modal bisnis properti, sah-sah saja dilakukan. Peminjaman harus disertai dengan bukti tertulis supaya tidak terjadi dispute di kemudian hari. Walaupun antar saudara atau teman sendiri musti ada kejelasan untuk landasan berpijak dalam hal pinjam-meminjam. Karena sering kejadian antar teman atau saudara ribut di kemudian hari karena ketidakjelasan term of pinjam-meminjamnya… hehehehe…

Karena sebenarnya sudah banyak contoh kejadian seseorang tertipu oleh temen sendiri. Kok bisa? Ya karena kita sudah sangat akrab dan mengenal dirinya luar dalam, keluarganya dan apapun mengenainya, lalu kita percaya dalam hal berbisnis sehingga melupakan kaedah umum pinjam-meminjam. Jadi walaupun sudah sangat akrab sekali jika berurusan dengan bisnis musti jelas dengan perjanjian tertulis. Hindari perjanjian atau deal-deal secara lisan.

cara mendapatkan modal kerjaBahkan nasehat bijak dari pebisnis kawakan, sorry saya lupa namanya karena saya baca sudah lama sekali “sebaiknya dengan kawan kita berkawan saja begitu juga dengan saudara kita bersaudara saja” artinya dengan kawan atau saudara sebaiknya tidak berbisnis… antah iyo antah indak…

Ini hanyalah sebuah tulisan ringan mengenai bagaimana mendapatkan uang untuk modal berbisnis terutama sebagai developer properti. Jika tidak bisa dengan cara diatas, karena sesuatu dan lain hal seperti, orang tuapun ngga punya uang. Teman atau saudara juga sebelas dua belas dengan kita, juga sedang membutuhkan uang untuk modal.

Salah satu jalannya ya meminjam ke lembaga keuangan dengan memanfaatkan salah satu produk perbankan seperti Kredit Kontruksi atau Kredit Yasa Griya (KYG) yang memang dikhususkan untuk developer, dengan persyaratan-persyaratan tentu saja…

Share Button
Lihat artikel lainnya:
Pertanyaan tersebut menarik untuk dibahas terutama bagi anda yang berprofesi...
  Menjadi kontraktor menjadi salah satu pilihan bagi anda yang ingin...
  Sebelum ini sudah kita bahas langkah-langkah untuk mengurus legalitas...
Saat ini pemasaran yang umum dilakukan adalah dengan cara menyebarkan brosur...
Berinvestasi di properti di Indonesia merupakan investasi yang sangat menguntungkan,...
Bagi Anda yang sudah ‘nekad’ ingin menekuni bisnis developer properti, tetapi...

Article Tags:

Strategi Mendapatkan Modal Kerja untuk Developer Property

Dapatkan Update Terbaru Tentang Properti

Masukkan nama dan email anda di form di bawah ini, kami akan kirimkan update di inbox anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *