Sukses dari sisi apapun selalu menjadi dambaan setiap orang, dan untuk dapat meraih sukses dibutuhkan pola pikir sukses yang harus selalu disuntikkan, berupa motivasi pengembangan diri yang bertujuan untuk membangun energi-energi positif guna menopang kesuksesan tersebut.

Karena dimensi “sukses” sedemikian luas maka bentuk dari motivasi diri juga tidak sedikit. Inilah beberapa motivasi untuk membangun kesuksesan secara umum:

 

  1. Pertanyaan Hakiki

Sebelum melangkah pada upaya yang lain, lontarkan sebuah pertanyaan pada diri sendiri: Mengapa dan untuk apa Anda dilahirkan ke dunia ini? Pertanyaan tersebut sangat penting karena  akan membuat Anda berpikir tentang misi hidup yang harus Anda jalani.

Setelah pertanyaan “mengapa” dilontarkan, akan muncul pertanyaan “apa”. Pertanyaan “apa” akan membuat Anda berpikir tentang cara apa yang harus dilakukan guna mewujudkan misi di dalam hidup Anda.

Menyusul pertanyaan “apa” adalah pertanyaan “mengapa” yang menuntut Anda untuk mencari cara guna mewujudkan misi tersebut.

Dengan berusaha untuk mencari misi hidup, Anda dapat lebih mudah dalam mengatur diri sendiri, lebih mudah dalam menggapai tujuan hidup yang lebih bermakna yang akan membuat hidup Anda lebih bahagia.

  1. Belajar dan Terus Belajar

Setelah mengetahui misi hidup serta cara yang harus dilakukan untuk mewujudkan misi tersebut, tiba saatnya untuk mengasah keterampilan dan potensi yang dimiliki dengan belajar dan terus belajar tentang banyak hal utamanya yang berkaitan langsung dengan misi yang ingin dicapai. Tidak ada orang yang begitu lahir langsung jenius.

Kejeniusan tersebut dia raih setelah mencurahkan sebagian besar waktunya untuk belajar dan terus mengasah potensi yang dimiliki.

Dalam proses belajar tersebut, bisa dilakukan secara formal, informal dan non-formal serta dapat dilakukan oleh diri sendiri maupun dengan bimbingan mentor.

Kehadiran seorang mentor pada kondisi tertentu sangat dibutuhkan karena dapat mengarahkan sumber daya yang Anda miliki secara efektif.

 

  1. Bersahabat dengan Kegagalan

Lakukan motivasi untuk pengembangan diri dengan menjalin persahabatan dengan kegagalan. Pegang teguh sebuah peribahasa yang berbunyi “Kegagalan adalah sukses yang tertundah”, karena pada kenyataannya memang demikian.

Seorang Thomas Alfa Edison, Mozart, Albert Einstein dan semua tokoh yang selama ini kita kenal sebagai sosok yang genius, tidak selalu menghasilkan karya yang sempurna. Ada kalanya karya-karya yang mereka hasilkan nilainya berada di bawah standard.

Namun karena mereka memiliki pola pikir berkembang, membuat kegagalan tersebut justru menjadi sebuah pijakan untuk meraih kesuksesan.

Growth mindset atau pola pikir yang berkembang membuat mereka jauh dari kata sombong dan tidak pernah menganggap bahwa bakat dan kecerdasan di atas segalanya atau fixed mindset.

 

  1. Fokus Pada Tujuan Utama

Sebagai makhluk sosial, kita tidak mungkin lepas dari interaksi dengan orang lain. Tidak jarang kita juga harus membantu menyelesaikan pekerjaan orang lain, sebagaimana kita sekali waktu juga membutuhkan bantuan dari mereka.

Melakukan interaksi dan ikut terlibat aktif dalam menyelesaikan urusan orang lain memang tidak dilarang sepanjang Anda dapat mengalokasi waktu, sehingga tidak terjebak oleh berbagai urusan yang bukan menjadi kewajiban Anda.

Apalagi jika aktifitas yang Anda lakukan untuk orang lain tersebut justru mengganggu tujuan utama yang ingin Anda capai.

 

  1. Positif Thinking

Buang rasa cemas dan hindari berpikir negatif karena kedua hal tersebut akan menjadi batu sandungan dalam menggapai kesuksesan.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk proses afirmasi diri guna membangun rasa percaya diri dan menanamkan pikiran positif, beberapa diantaranya dengan berbicara sendiri di depan cermin, menuliskan bakat, potensi dan kelebihan yang Anda miliki, atau dengan membayangkan pujian yang akan dilontarkan banyak orang pada saat Anda menunjukkan kelebihan yang Anda miliki.

Positif thinking adalah salah satu bentuk kesiapsediaan Anda dalam menerima sebuah anugerah yang bernama kesuksesan.

 

Lihat artikel lainnya:
Meningkatkan kualitas diri pribadi sehingga dapat meningkatkan kualitas hubungan...
Tenaga marketing perumahan yang bagus adalah mereka yang menguasai produk knowledge...
Perubahan untuk menjadi lebih baik selalu menjadi harapan dari siapapun, sehingga...
Hari itu di Hotel Pullman Jakarta saya ketemu dengan alumni peserta Workshop...
Nabi Muhammad SAW adalah seorang pedagang di jazirah Arab. Bersama Khadijah istrinya,...
Cerita ini tidak ada hubungannya dengan property. Saya tergelitik untuk memposting...
Your Highway To Success

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *