Tidak ada kata sulit untuk menjual properti, sepanjang Anda menguasai teknik dan strategi pemasaran properti. Terlebih ceruk pasar properti begitu luas dengan tingkat kebutuhan setiap tahunnya yang terus bertambah.

Namun demikian, sebagaimana kata investor dan motivator properti, Tung Desem Waringin, untuk memasarkan properti, tidak semua strategi cocok diterapkan, sehingga butuh kejelian dari seorang investor untuk dapat memilih strategi yang tepat.

Jika strategi yang diterapkan keliru, bukan hanya properti yang dipasarkan sulit laku, tapi juga akan membuang biaya pemasaran dengan sia-sia.

Meski demikian ada sejumlah strategi mendasar yang bisa diterapkan dalam kondisi apapun untuk memasarkan properti, diantaranya adalah:

Nilai Plus dari Properti yang Dipasarkan

Sebuah properti yang memiliki sejumlah nilai plus memiliki kecenderungan untuk dilirik oleh calon konsumen, karena nilai plus tersebut merupakan bagian dari pemasaran tanpa harus dipasarkan.

Artinya keberadaan dari properti tersebut sudah memiliki daya pikat tersendiri sehingga tidak butuh terlalu berlebihan untuk mempromosikannya.

Nilai plus dari sebuah properti memiliki dimensi yang luas, meliputi environtment atau lingkungan tempat properti tersebut dibangun, misalnya berada di dekat pusat bisnis, kantor pemerintahan atau fasilitas pendidikan, lokasi yang mudah diakses dengan berbagai fasilitas transportasi, lingkungan yang cantik dan eksotis, model bangunan yang unik dan menarik, serta nilai plus yang lain.

Gunakan Marketing Communication

Kemampuan dalam melakukan persuasi untuk meyakinkan calon konsumen akan keuntungan yang dapat mereka raih jika membeli properti yang Anda tawarkan juga merupakan strategi untuk memasarkan properti yang dapat diaplikasikan dalam kondisi apapun.

Apalagi jika keuntungan yang Anda paparkan tersebut tidak hanya satu dua, tapi beberapa keuntungan. Karena secara psikologi, siapapun akan tertarik untuk mendapat keuntungan dari aktifitas yang mereka lakukan.

Marketing communication ini bisa dilakukan dengan memberikan gambaran tentang capital gain atau keuntungan yang bisa diraih dengan menjadikan properti tersebut sebagai investasi yang harganya akan melambung tinggi pada beberapa tahun kedepan, meyakinkan kepada calon konsumen bahwa lokasi strategis membuat properti tersebut memiliki nilai yield yang baik untuk disewakan, atau menjelaskan kepada customer tentang lokasi properti yang dekat dengan fasilitas umum serta pusat pelayanan publik dan sebagainya.

Strategi Open House

Meski brosur, billboard atau baliho sudah dibuat dan disebarkan di berbagai tempat, namun strategi open house harus tetap dilakukan, karena banyak calon konsumen yang merasa masih belum cukup jika hanya mendapatkan informasi melalui tulisan dan foto-foto serta butuh visualisasi dari produk properti secara langsung.

Karena dengan mengunjungi rumah contoh secara langsung, mereka dapat membandingkan kecocokan pribadi dengan layout rumah, warna interior, furnising set, sampai dengan design bathroom.

Pada saat calon konsumen mengunjungi rumah contoh, ciptakan suasana santai, natural dan menyenangkan dengan memberikan penjelasan secara detail tanpa menteror mereka melalui prospektus, gugah keinginan mereka sehingga tertarik untuk membeli properti yang Anda tawarkan namun jangan ada kesan memaksa mereka untuk membeli.

Memanfaatkan Teknologi

Pesatnya pertumbuhan tekhnologi dan meningkatnya jumlah pengguna internet, membuat berbagai aktifitas saat ini tidak dapat lepas dari gadget, termasuk dalam mencari produk properti.

Oleh karena itu, bangun website profesional untuk keperluan pemasaran properti serta manfaatkan semaksimal mungkin situs-situs sosial media untuk melakukan promosi, baik secara gratis maupun berbayar.

Pemanfaatan tekhnologi ini menjadi bagian dari strategi pemasaran properti yang bisa diaplikasikan dalam kondisi apapun karena memiliki jangkauan yang sangat luas dan menyentuh berbagai segmen masyarakat.

 

Lihat artikel lainnya:
Salah satu ciri dari seorang pekerja profesional adalah bekerja dengan konsep atau...
“Sejak memulai proyek pertama, saya sudah memiliki rumah 7 unit di 5 lokasi...
Kesulitan dalam memasarkan properti sebenarnya tidak perlu terjadi mengingat pangsa...
Banyak alasan yang membuat bisnis menjadi seorang broker properti freelance sangat...
Ditengah booming-nya bisnis properti dan banyaknya investor yang masuk serta siap...
Anda bebas menentukan harga jual produk anda, itulah sifat baik dari bisnis properti....
Strategi Jitu Memasarkan Properti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *