Ketika ingin menjadi developer properti dalam kondisi ekstrim seseorang harus bersikap tabah. Kondisi ekstrim dalam pengertian di sini adalah ia tidak memiliki tanah dan juga tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli tanahnya. 

Karena jika seseorang tidak memiliki tanah maka langkahnya untuk menjadi developer properti amatlah berat. Karena ia harus memperoleh tanahnya dulu.

Butuh uang banyak untuk membeli tanah

Sementara untuk memperoleh tanah ia membutuhkan uang. Karena harga tanah itu mahal maka ia harus punya banyak uang untuk memulai proyeknya.

Kembali lagi ke kondisi ekstrim, tanah tidak punya sedangnya uang untuk membeli tanahpun ia jgua tidak punya. Dalam kondisi ini beberapa orang atau mungkin mayoritas orang akan mundur dan melupakan cita-citanya menjadi developer.

Dengan kondisi seperti ini hal yang harus ia lakukan mencari tanah dan menegosiasikan cara pembayaran tanah agar bisa tidak tunai seluruhnya di depan supaya modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

Karena jika pembayaran tanah tunai di depan seluruhnya maka butuh uang yang amat besar untuk memulai proyek.

Dengan kondisi ini jika tidak punya uang banyak maka seseorang harus mencari investor. Nah untuk mencari investor yang memiliki uang banyak juga ngga gampang.

Uang untuk membayar uang muka (DP) tanah

Tetapi jika pembayaran tanah hanya berupa uang muka saja maka uang yang dibutuhkan tidak terlalu besar, dan agak lebih mudah mencari investor jika kebutuhan modal tidak terlalu besar.

Inilah langkah berat yang harus dilalui oleh seorang developer baru yang tidak punya modal banyak yaitu mencari pemilik lahan yang bersedia tanahnya dibayar secara bertahap. Atau pembayaran uang muka saja di awal.

Sulit menjual tanah yang luas dan harga mahal secara tunai

Tetapi harusnya ini tidak masalah karena saat ini untuk lahan dengan harga mahal tidak ada juga orang yang mau membayar tanah secara tunai. Itulah peluang developer baru.

Memang tidak semua pemilik lahan bersedia deal nantinya karena banyak hal yang mempengaruhi pemilik lahan setuju berkerjasama dengan developer, apalagi antara pemilik lahan dan developer baru kenal sehingga belum terjalin kepercayaan.

Kemungkinan deal tidak besar

Kemungkinan bertemu dengan orang yang setuju itu mungkin tidak besar, bisa jadi hanya 1% saja dari pemilik lahan yang diajak negosiasi.

Jadi untuk mendapatkan satu deal maka seorang developer baru harus menemui dan negosiasi dengan sekurangnya 100 pemilik lahan.

Developer pemula yang tidak punya modal banyak harus tabah

Dengan kondisi ini seorang developer pemula yang tidak punya uang banyak harus tabah. Tabah dalam mencari pemilik lahan dan negosiasi. Yang mungkin ketemua setelah setelah negosiasi dengan banyak orang.

Dalam negosiasipun tidak mudah, banyak hal-hal tertentu yang di luar dugaan. Adakalanya developer baru itu dipandang sebelah mata, adakalanya dihina, dimaki-maki, dilecehkan karena tidak sanggup memperlihatkan uang untuk membayar tanah.

Adakalanya juga pemilik lahan atau broker-nya malah membatalkan deal, membatalkan rencana transaksi. Hal ini tidak aneh lagi terjadi terhadap seseorang yang ingin menjadi developer.

Memang hal ini kadang membuat orang yang ingin menjadi developer patah semangat untuk menjadi developer tetapi hal ini akan menjadi pemicu bagi orang yang bersikap positif.

Setiap tantangan yang dihadapi pasti akan mengantarkan seseorang ke posisi yang lebih tinggi. Baik dari sisi mental maupun ke kesuksesan dalam hidupnya.

Tabah, sebuah kata sederhana tetapi memiliki arti yang amat dalam dan penjabaran dan prakteknya tidak mudah.

Tetapi apapun itu tetap mainkan!!!

Penulis: Asriman A. Tanjung, ST
Penulis buku Cara Benar Meraih Sukses Di Bisnis Properti yang diterbitkan Gramedia
Pendiri DEPRINDO (Developer Properti Indonesia), asosiasi developer properti yang sudah diakui pemerintah
Pemilik asriman.com, blog properti nomor 1 di Indonesia

 

Lihat artikel lainnya:
Pentingnya Bersikap Tabah Ketika Ingin Menjadi Developer Properti
Tagged on:                             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hallo...!

Workshop Cara Benar Memulai Bisnis Developer Properti Bagi Pemula akan diadakan tanggal 28-29 September 2024 di Jakarta

× Info Workshop Developer Properti