Saat ini pemasaran secara digital dengan internet wajib Anda lakukan karena masyarakat sudah amat melek internet.

Perangkat mengakses internet amat mudah dimiliki, cukup dengan komputer di rumah atau smartphone di tangan, orang dapat melihat produk Anda kapanpun dan darimanapun.

Apalagi pengguna internet di Indonesia saat ini hampir mencapai 100 juta orang. Itulah pasar potensial Anda.

Kenapa harus menggunakan internet untuk kepentingan bisnis Anda? Karena internet bersifat praktis, mudah dan murah. Lebih jauh ini alasan Anda harus menggunakan internet:

  • Mayoritas pelaku bisnis—saingan Anda—dari dalam negeri dan negara tetangga sudah menggunakan internet.
  • Dengan internet, produk Anda dapat menjangkau pelanggan dengan cepat.
  • Dengan internet, produk Anda melintas batas geografis, cakupannya bukan hanya Indonesia, tapi dunia. Tanpa batas.
  • Berpromosi dengan internet lebih murah, jika dibandingkan dengan metoda pemasaran lainnya.
  • Dengan internet pemasaran produk Anda bisa realtime dengan fasilitas email, yang disebut email marketing.
  • Dengan internet, pelanggan Anda dapat berinteraksi secara langsung tentang keluhan-keluhan mereka atau permintaan-permintaan lainnya, dengan fasilitas support, contact atau live chatting.
  • Dengan internet, pelanggan Anda hemat waktunya karena bisa langsung melihat seluruh informasi tentang produk atau layanan yang Anda sediakan.
  • Dengan internet bisnis Anda bisa diakses non stop selama 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu dan 365 hari dalam setahun.
  • Jika Anda tahu rahasianya, pemasaran bisa dilakukan secara gratis, hanya modal sambungan internet.
  • Jika Anda tidak menggunakan internet, pesaing Anda sudah menggunakannya, Anda kalah.

Memanfaatkan internet untuk kepentingan bisnis—terutama untuk memasarkan proyek properti Anda—alternatifnya bisa dengan membuat website khusus atau mengiklankan di website atau portal jual beli properti.

Membuat website khususpun ada beberapa alternatifnya, bisa dengan membuat website di platform gratisan seperti Blogspot (Blogger) dan WordPress, bisa juga dengan membuat website profesional dengan nama domain sendiri.

Sebenarnya, untuk membuat blog gratisan masih banyak website penyedia jasa pembuatan blog selain Blogger dan WordPress, seperti: Weebly.com, Tumblr.com, Wix.com, Webs.com, LiveJournal.com, Blog.com, Blogdetik.com, Kompasiana.com dan lain-lain. Tapi sampai saat ini yang paling populer adalah Blogger dan WordPress

Membuat Website Sendiri di Platform Gratisan Blogger

Membuat blog di Blogger ini betul-betul gratis—kecuali Anda mengambil layanan berbayar—cocok untuk Anda yang tidak memiliki modal.

Anda hanya wajib memiliki akun di Google. Apabila Anda sudah memiliki email di gmail.com maka Anda sudah memiliki akun di Google, karena Google menerapkan kebijakan satu akun untuk seluruh layanannya.

Jadi satu akun saja sudah bisa menggunakan layanan gmail, GoogleMaps, GoogleDrive, GooglePlus, YouTube dan lain-lain. Berikut alasan kenapa Blogger sangat bagus untuk membuat blog: 

  • Blogger paling populer karena kelengkapan fitur dan kemudahan pengelolaan blog.
  • Blogger wajib digunakan karena Blogger punya Google, jadi mungkin saja ada nepostisme kan? Sehingga dengan nepotisme blog Anda akan lebih mudah ditemukan di belantara hasil pencarian Google.
  • Antar muka blog (interface) yang amat mudah digunakan (user friendly), juga menjadi alasan.

Bagaimana cara membuat blog di Blogspot? Caranya sangat mudah, setelah memiliki akun di Google dan buka Blogger.com di web browser Anda, selanjutnya ada fasilitas untuk membuat blog.

Ikuti saja langkah-langkahnya. No coding and programming ability needed.

Kuncinya adalah coba-coba saja, jangan takut salah. Kalau salah tidak ada kerugian apapun kepada Anda, wajib diulang.

Berikut langkah untuk membuat blog di Blogger:

  • Kunjungi com di web browser Anda.
  • Buat blog dengan meng-klik ‘Blog baru’ yang ada di halaman depan kemudian ikuti langkah-langkahnya. Mudah sekali kok, harus dicoba langsung!.
  • Outputnya adalah sebuah blog dengan alamat blogspot.com.

Setelah blog Anda jadi Anda bebas mem-posting apapun yang Anda mau, apakah mem-posting tentang proyek atau tentang kehidupan sehari-hari juga boleh.

Membuat Website Sendiri di Platform Gratisan WordPress

Untuk membuat blog di WordPress.com, langkah awalnya sama dengan membuat blog di Blogger yaitu menyediakan alamat email sebagai username dan keperluan verifikasi.

Langkah selanjutnya adalah buka WordPress.com di web browser Anda dan Anda akan dipandu untuk membuat blog baru.

Output dari blog di WordPress adalah namaanda.wordpress.com.

Fitur-fitur yang ada di WordPress.com juga sangat lengkap dan amat mudah digunakan.

Membuat Website dengan Nama Domain Sendiri

Tetapi akan lebih baik jika Anda membuat website dengan nama domain sendiri karena bisnis Anda kelihatan lebih profesional dibandingkan dengan membuatnya di platform gratisan.

Yah, dengan platform gratisan itu seperti menumpang berdagang di toko orang lain.

Sedangkan dengan membuat website dengan nama domain sendiri seperti memiliki toko atau kantor sendiri.

Untuk membuat website dengan nama domain sendiri seperti detik.com, kompas.com, bankmandiri.com, asriman.com dan lain-lain, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membeli nama domain tersebut.

Setelah membeli nama domain, langkah selanjutnya adalah menyewa web hosting untuk menempatkan file-file website Anda pada server yang terus online 24 jam supaya bisa diakses kapanpun dan darimanapun.

Domain Name

Domain name adalah nama unik untuk mengidentifikasi nama server komputer di jaringan internet.

Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website. Nama domain bisa dibeli di web registrar yang menyediakan layanan pembelian domain.

Diantara yang populer adalah: Name.com, NameCheap.com, GoDaddy.com, dan lain-lain. Itu semua website tempat membeli domain name di luar negeri. Namun domain name juga bisa dibeli di web dalam negeri.

Keuntungan membeli domain name dari website luar negeri adalah harganya rata-rata lebih murah dibandingkan dengan membeli domain name dari website di dalam negeri.

Hanya saja pembayarannya harus menggunakan kartu kredit atau bank virtual semacam PayPal dan lain-lain.

Sementara keuntungan membeli domain name di dalam negeri adalah pembayaran bisa dengan transfer bank, dan tentu saja pelayanan dalam Bahasa Indonesia sehingga jika terjadi sesuatu dengan website Anda, Anda bisa berkonsultasi dalam Bahasa Indonesia, bahkan bisa datang langsung ke kantornya.

Bagi Anda yang kesulitan berkomunikasi dengan Bahasa Inggris, inilah solusinya. Harga domain ini tidak terlalu mahal, sekitar USD 10—tergantung extensions-nya—untuk pembelian tahun pertama dan bisa diperpanjang tiap tahun dengan harga yang kurang lebih sama.

Strategi memilih domain name

Ada bayak cara untuk memilih domain name salah satunya adalah memilih nama domain berdasarkan nama pemilik atau brand bisnis, seperti namaanda.com, namaperusahaananda.com, merekbisnisanda.com, dan lain-lain.

Cara selanjutnya adalah berdasarkan kata kunci bisnis yang ingin Anda bidik.

Memilih nama domain dengan cara seperti ini dinamakan strategi keyword on domain. Seperti rumahdijualdijakarta.com, kantorjakarta.com, rumahjogja.com, rumahbekasi.com, kantorbogor.com dan lain-lain.

Dengan memilih nama domain seperti ini, website Anda akan lebih mudah ditemukan melalui search engine. Tentu saja dengan upaya optimasi website yang dikenal dengan nama Search Engine Optimization (SEO).

Mengenal tipe-tipe domain name

Ada beberapa tipe domain name yaitu domain name yang digunakan secara global dan penggunaan lokal menurut negara masing-masing.

  • Nama domain yang termasuk penggunaan global: .com, .net, .org, .info, .asia, .co, .edu, .sch, .gov, .me, .tv, dan lain-lain. Siapapun boleh membeli domain name ini.
  • Nama domain untuk penggunaan lokal: .co.id, .id, gov.id, .com.sg, .com.au, dan lain-lain.

Cara memilih domain name yang baik:

  • Pendek dan mudah diidentifikasi. Maksimal 2 kata saja.
  • Mudah diingat.
  • Mudah dieja.
  • Mudah diucapkan.
  • Sesuai dengan bidang bisnis.

Jika Anda akan membeli nama domain untuk nama sendiri yang terdiri dari 2 kata, misalnya nama Anda adalah John Smith, maka prioritas pertama nama domain-nya adalah johnsmith.com.

Tetapi jika nama domain tersebut sudah ada yang menggunakan maka alternatif yang bisa Anda ambil adalah:

John-Smith.com
JohnSmithOnline.com
TanyaJohnSmith.com
AskJohnSmith.com
JustJohnSmith.com

Selanjutnya jika .com (dotcom) sudah tidak tersedia, pertimbangkan untuk mengambil extensions lain, prioritas kedua adalah .net (dotnet):

John-Smith.net
JohnSmithonline.net
TanyaJohnSmith.net
AskJohnSmith.net
JustJohnSmith.net

Memang tidak ada aturan baku tentang ini, Anda bebas membeli nama domain apapun asalkan masih tersedia, apalagi saat ini sudah sangat banyak domain extensions yang bisa Anda pilih. Berikut beberapa contoh:

johnsmith.love, johnsmith.cloud, johnsmith.me, johnsmith.live, johnsmith.rocks, johnsmith.news, johnsmith.video, johnsmith.lol, johnsmith.sale, johnsmith.forsale,  johnsmith.co.com, johnsmith.bio, johnsmith.io, johnsmith.reviews, johnsmith.sexy, johnsmith.website, johnsmith.pub, johnsmith.futbol, johnsmith.actor, johnsmith.build, johnsmith.shoes, johnsmith.rodeo, johnsmith.vote, johnsmith.casa, johnsmith.bar dan masih banyak lagi!.

Sangat banyak bukan? Namun berdasarkan kepopuleran, dotcom dan dotnet lebih baik, selain juga lebih disukai oleh mesin pencari (search engine) seperti Google, Yahoo, dan lain-lain. 

Langkah-langkah untuk membeli domain name ini sangat simpel, kunjungi web tempat Anda akan membeli nama domain yang cocok dengan Anda dan cari domain di kotak pencarian yang mereka sediakan.

Dan setelah menemukan domain name yang cocok maka selanjutnya Anda akan diminta membayar. 

Web Hosting

Web hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet.

Langkah untuk menyewa hosting ini sama saja dengan membeli domain.

Langkah pertama adalah kunjungi website tempat Anda akan menyewa hosting kemudian Anda akan diarahkan untuk memilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Biaya untuk menyewa hosting ini bervariasi, ada yang harganya 100.000 rupiah pertahun bahkan ada yang lebih murah untuk penggunaan personal.

Setelah selesai memesan hosting Anda akan menerima email yang berisi data-data untuk login ke kontrol panel hosting (cPanel)—jika hosting menggunakan cPanel.

Data tersebut berupa link alamat login, username dan password. Sedangkan cPanel adalah tempat untuk menyimpan jeroan website Anda, seluruh data website Anda ada dalam cPanel.

Namun saat ini jangan Anda fikirkan dulu tentang cPanel. Dan jangan pula diacak-acak karena salah sedikit saja akan membuat tampilan website Anda menjadi kacau atau bahkan ngga bisa dibuka sama sekali.

Domain Name System (DNS) 

Apakah DNS itu? DNS adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer.

Secara mudah dapat dipahami bahwa DNS itu berguna untuk ‘menyambungkan’ domain name dengan web hosting.

Jadi, selain memberikan data login, web hosting juga memberikan alamat DNS. Selanjutnya masukkan alamat DNS ke tempat yang disediakan oleh web registrar pada saat Anda membeli domain.

Nah, pada tahapan ini Anda sudah memiliki nama domain sendiri dan web hosting untuk menempatkan file-file website Anda di jaringan internet.

Langkah selanjutnya adalah membangun website Anda.

 

Lihat artikel lainnya:
Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan, baik kebutuhan untuk bersosial ataupun...
Workshop internet marketing properti diperlukan untuk mempersiapkan tenaga marketing...
Nggak salah, pilihan yang tepat jika Anda memutuskan untuk menjadi seorang developer...
Akhir-akhir ini jumlah pemakai internet di Indonesia meningkat pesat, tercatat...
Teknologi Informasi seperti menjadi Raja, menguasai informasi adalah menguasai...
Banyak pelaku bisnis properti di Indonesia yang berpendapat bahwa sejak tahun 2016...
Cara Mudah Memasarkan Proyek Propertimu dengan Digital Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *