investor properti indonesiaBagi seorang investor properti memiliki banyak informasi tentang property yang sedang dijual adalah wajib hukumnya. Informasi itu bisa didapatkan dari iklan baris, website khusus jual beli di internet, majalah real estate, agen properti dan lain-lain.

Informasi dari iklan baris dan internet bersifat sangat umum dan terbuka karena semua orang bisa mengakses informasi tersebut. Lagi pula informasi dari iklan baris dan internet itu mengharuskan seorang investor properti bersikap aktif.

Lain halnya jika anda mendapatkan informasi tentang property yang dijual dari seorang agen properti atau professional broker. Informasi dari seorang professional broker seharusnya lebih eksklusif dan menyeluruh walaupun masih perlu dilakukan validasi mengenai informasi yang diberikan.

Agen property yang bagus itu…

Bagaimana seorang investor memiliki (mungkin lebih tepat berkolaborasi atau bekerjasama) agen property yang bagus? Sebenarnya untuk memiliki seorang agen property yang benar-benar mumpuni adalah melalui seleksi alam.

Pada saat pertama kali anda memulai menjadi investor properti anda akan berhubungan dengan banyak agen property.

Anda kemudian menyeleksi mereka dari kemampuan mereka terhadap penguasaan pasar property terutama kenaikan harga property pertahun, harga-harga property sejenis di sekitar lokasi dan tingkat sewa-jika anda fokus kepada property sewa dalam investasi.

Hal yang tidak kalah pentingnya yang harus anda perhatikan mengenai seorang agen property adalah kemampuan mereka dalam penguasaan product knowledge terutama tentang legalitas, sehingga seorang investor property bisa menghemat waktu dalam verifikasi legalitas.

Dengan memiliki agen property yang berkualitas seorang investor lebih menghemat waktu dan memiliki data yang lengkap terhadap properti investasi.

Menghemat waktu karena property yang ditawarkan oleh agennya sudah pasti tidak bermasalah tentang sertifikasi dan perijinan karena sang agen sudah melakukan verifikasi terlebih dahulu sebelum dihidangkan kepada investor.

Seperti seorang chef handal yang memasak dengan sempurna sehingga investor tinggal memilih makanan dan menelannya.

Berkolaborasi dengan beberapa agen property

Adalah lebih baik jika seorang investor property memiliki beberapa agen property yang bagus yang bekerjasama dengannya dalam mencari property investasi.

Jadi seorang investor tidak fokus hanya pada satu agen saja. Karena seorang agen tidak memiliki informasi mengenai seluruh property yang dijual.

menjadi seorang investor propertyUntuk menjaga agar para agen property-nya betul-betul setia dalam artian informasi tentang property yang bagus selalu diberikan kepada anda terlebih dahulu sebelum diberikan kepada orang lain, ada baiknya anda memberikan insentif atau fee juga pada saat terjadi transaksi, karena pada umumnya fee seorang agen property adalah kewajiban penjual.

Saya mengenal seorang investor property yang beraktifitas di wilayah Bintaro, Tangerang Selatan.

Dia memiliki beberapa agen property yang selalu memberikan informasi tentang property yang sedang dijual dengan harga bagus. Si investor ini betul-betul menjaga para agennya supaya setia. Tidak masalah baginya mengeluarkan uang sedikit untuk menyenangkan hati agennya tersebut.

Misalnya dia tidak segan-segan membelikan mobil Toyota Kijang Innova sebagai Tunjangan Hari Raya (THR). Artinya dengan mengeluarkan uang untuk membeli sebuah mobil di harga 300 juta-an rupiah dia sudah memperhitungkan akan mendapatkan uang lebih banyak jika terus memelihara kesetiaan agennya.

Saya juga mengenal seorang investor property yang bermain di sekitaran Jakarta Selatan. Dulunya dia sangat sering melakukan transaksi karena selalu mendapatkan property yang bagus dari agen property.

Tetapi akhir-akhir ini para agen property tidak lagi memberikan informasi properti yang bagus untuk investasi yang dijual kepadanya karena menurut agen property sang investor ini sangat pelit, tidak mau memberikan sekedar uang lelah kepada agennya apalagi fee.

Dia tetap beranggapan dengan terjadinya transaksi agen property tersebut sudah mendapatkan fee dari penjual, dan itu sudah cukup bagi si agen.

Itulah resikonya menjadi orang pelit, apalagi kepada seorang agen property… hehehehehe…

Seharusnyalah hubungan investor dengan agennya selalu mesra sehingga timbul saling pengertian dan saling menguntungkan, simbiosis mutualisme.. Investor butuh agen properti begitu sebaliknya….

 

Lihat artikel lainnya:
Mencari properti untuk investasi memang gampang-gampang susah, kadang kita sudah...
Sebelum ini sudah kita bahas langkah-langkah untuk mengurus legalitas tanah sampai...
Sebenarnya untuk ‘memiliki’ seorang broker properti yang bagus adalah melalui...
Kebutuhan akan properti yang terus meningkat setiap tahunnya, market yang masih...
Untuk mengetahui dan merasakan keuntungan menggunakan jasa professional broker...
Menjadi seorang brokerpreneur atau yang lazim dikenal sebagai calo membutuhkan...

Article Tags:

Hubungan Mesra Seorang Investor Property dan Agennya

One thought on “Hubungan Mesra Seorang Investor Property dan Agennya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *