sumber-listing-properti

Sebagai seorang professional broker, wajib hukumnya bagi anda memiliki banyak property untuk dijual, yang dalam istilah broker property disebut listingan. Listingan harus ditambah dan di-update tiap hari.

Semakin banyak listingan maka semakin besar pula peluang anda untuk berhasil terjadi penjualan atau closing, disamping cara anda melayani konsumen juga berpengaruh terhadap terjadinya penjualan.

Penting untuk diketahui bahwa menjadi professional broker adalah menjual jasa. Kepuasan konsumen adalah hal yang harus diutamakan. Jika mereka puas dengan pelayanan anda, maka mereka akan ingat kembali kepada anda jika ada saudara atau kenalan mereka membutuhkan jasa broker property.

Rekomendasi seperti ini sangat dahsyat berpengaruh terhadap terjadinya closing, karena mereka tidak mulai dari nol lagi untuk membangun hubungan dengan anda. Opini mereka sudah terbentuk dengan adanya rekomendasi dari teman atau saudaranya tentang anda.

Fakta mengatakan bahwa pembeli property tidak semuanya untuk ditempati atau end user, karena dalam situasi yang kurang menguntungkan untuk jenis investasi lain, seperti emas, deposito, reksa dana, maka para investor merasa lebih nyaman untuk berinvestasi di property.

Terjadinya closing sebenarnya tunduk kepada hukum probabilitas, setidaknya ini yang diyakini oleh Dolf De Roos, Ph.D, seorang pakar dan investor property.

Ia berpendapat bahwa anda harus mempunyai sekurangnya 20 listingan untuk menghasilkan satu closing, ini berdasarkan pengalamannya. Boleh dipercaya boleh tidak, tapi yang pasti semakin banyak listingan semakin besar pula probabilitas terjadinya penjualan.

Dari mana anda mendapatkan listingan? berikut ini kita bahas sumber-sumber listing yang bisa anda elaborasi lebih jauh:

Sumber Listing dari Keluarga dan Teman-teman dari Keluarga

sumber-listing-dari-keluarga

Ini lah sumber listing yang sangat gampang urusannya. Anda tidak perlu lagi meyakinkan pemilik untuk menjual propertynya melalui anda, karena hubungan keluarga adalah hubungan kekerabatan terdekat dan pasti akan dilandasi oleh saling percaya.

Keluarga yang saya maksudkan disini tidak hanya saudara kandung, tetapi melingkupi semua orang yang memiliki hubungan kekerabatan baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Saudara angkatpun bisa digolongkan ke dalam lingkup keluarga ini.

Dan termasuk juga kawan-kawan dari keluarga bisa kita minta referensi untuk mendapatkan listing. Cara yang tepat bagi anda untuk mendapatkan listing dengan cara ini adalah selalu perkenalkan diri anda sebagai professional broker, sehingga ketika ada teman-teman dari keluarga anda yang membutuhkan jasa broker property maka nama andalah yang mucul di benak mereka di urutan teratas..

Sumber Listing Properti dari Teman dan Kawan-kawan dari Teman

Listingan punya teman adalah setali tiga uang dengan listingan milik keluarga. Lebih mudah untuk ditindaklanjuti. Jika ditelisik lebih jauh terlihat bahwa kita mempunyai banyak sekali teman.

Mulai teman sekampung, teman sesama TK, SD, SMP, SMU, kuliah dan sepekerjaan. Termasuk juga teman sesama berorganisasi, pengajian, klub-klub seperti klub motor, klub fitness, arisan dan lain-lain.

Termasuk juga teman di ring dua, maksudnya adalah kawan-kawan dari teman. Sekurangnya mereka adalah hasil referensi dari keluarga, teman atau kenalan kita.

Sumber Listing dari Masyarakat Sekitar

masyarakat-sebagai-sumber-listing

Dalam kehidupan bermasyarakat kita saling berinteraksi, dimana dalam proses berinteraksi tersebut akan mengalir informasi-informasi. Mulai dari informasi ngga penting yang bersifat gosip dan informasi yang bersifat serius.

Dan tak jarang informasi property yang mau dijualpun tak luput mengalir dalam proses interaksi tersebut.

Jika mendapatkan informasi dari tentang property dijual, maka dengan mudah anda bisa menindaklanjutinya.

Notaris PPAT juga Bisa Dijadikan sebagai Sumber Listing

Berkenalan dengan Notaris dan PPAT juga memberikan banyak informasi mengenai property yang akan dijual. Sebenarnya, informasi dari Notaris dan PPAT lebih valid, karena mereka bisa langsung mengetahui harga properti di sekitar property karena memang salah satu tugas Notaris dan PPAT adalah membuat akta jual beli property.

Dengan dibuatnya akta jual beli, maka mereka tahu harga pasaran yang berlaku di lokasi sehingga mereka dapat memberikan advice mengenai harga, apakah murah, sesuai harga pasar atau kemahalan.

Sumber Listing dari Developer Properti

pakaian-yang-pantas-untuk-bisnis

Anda bisa mengajukan kerjasama kepada developer untuk memasarkan produknya. Umumnya walaupun developer memiliki tenaga inhouse marketing di lokasi proyek, tapi tidak menutup kemungkinan mereka menerima juga kerjasama juga dengan broker dengan perjanjian tertentu.

Sumber Listing dari Sesama Broker

Jamak dilakukan bahwa sesama broker juga saling bekerjasama dalam menjualkan suatu listing, yang dalam istilah property dikenal dengan nama co-broking atau cobroke. Secara mudah dapat dipahami bahwa co-broking adalah kerjasama antara broker dari pihak penjual dan broker dari pihak pembeli dengan perjanjian tertentu. Umumnya komisi dibagi dua sama besar.

Bank juga Bisa Dimanfaatkan sebagai Sumber Listing

Berkenalan dengan orang bank memberikan keuntungan sendiri dalam pekerjaan kita sebagai broker. Ini berkaitan dengan adanya properti yang akan dilelang karena kredit macet. Informasi seperti ini sangat berharga karena kemungkinan kita akan memperoleh harga yang bagus.

Dalam proses interaksi ini terjadi situasi yang win-win antara kita sebagai professional broker dan bank sebagai pemegang jaminan, karena pada prinsipnya bank lebih suka kredit macet secepatnya diselesaikan.

Salah satunya adalah dengan cara menjual jaminan tanpa melalui lelang yang menjadi penyelesaian akhirnya.

Karena jika penyelesaian dengan lelang, maka akan ada sederet proses yang memakan waktu, karena sebenarnya kepentingan bank hanyalah hutang segera dilunasi.

Sumber Listing dari Pejabat lelang

lelang-sebagai-sumber-listing

Pejabat lelang mengetahui mana saja property yang akan dilelang. Bisa saja para petugas lelang menawarkan untuk dijual di luar lelang terlebih dahulu sehingga proses lebih simple dan cepat. Disinilah kita sebagai professional broker perperan untuk menginformasikan property kepada calon pembeli.

Sumber Listing Properti dari RT/RW dan Lurah

Di beberapa daerah, terutama di lokasi hunian, para pejabat RT, RW dan Lurah memiliki informasi tentang property yang sedang dijual di daerahnya. Mereka bisa dimanfaatkan untuk mencari listingan, tentu saja dengan menawarkan sejumlah tanda jasa. hehehe

Sumber Listing dari Iklan Media Massa

Iklan di media massa bisa dijadikan sumber dalam mendapatkan listingan. Iklan yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan listingan adalah iklan yang FSBO (For Sale By Owner).

Ciri-cirinya pemasang iklan memasukkan alamat lengkap dari property yang sedang dijual. Jika iklan tidak mecantumkan alamat lengkap property yang dijual bisa dipastikan bahwa yang memasang iklan adalah perantara juga.

Sumber Listing dari Internet: Website Jual Beli Properti 

internet-sebagai-sumber-listing

Sama prinsipnya dengna iklan di media massa, mencari listingan di internet juga bisa dilakukan dengan mengunjungi situs-situs yang menyediakan jasa jual beli properti. Tinggal keahlian anda yang harus dilatih untuk melihat mana property yang bisa dijadikan listingan kita.

Ciri-cirinya sama dengan pengiklan di koran dan majalah, jika iklan dibuat sangat detil lengkap dengan foto property lokasinya, maka dipastikan bahwa itu adalah property FSBO.

Sumber Listing dari Internet: Forum-forum dan Mailing List (Milist)

Forum-forum atau milist juga bisa dijadikan sumber untuk mendapatkan listing, terutama forum yang menyediakan sub forum jual beli dan sub forum jual beli property.

Forum yang banyak membernya seperti Kaskus dan milist YukBisnisProperti sangat ampuh untuk mencari listing, property yang bagus untuk dijadikan listing adalah tipe property FSBO juga.

Hanya ada satu cara untuk mendapatkan listing melalui forum dan milist atau media iklan lainnya, yaitu menelpon!

Buat Iklan Anda Sendiri

Anda bisa membuat iklan anda sendiri di Koran atau majalah atau di internet. Iklan anda buat dengan tujuan untuk mendapatkan listingan.

Contohnya:

Dicari properti dengan dengan kriteria, bisa disewakan, ROI 10%, pasti dibeli harga berapapun asalkan cocok.

atau

Kami bantu menjualkan properti anda tanpa komisi, ada banyak pembeli, proses cepat

Redaksionalnya bisa anda buat sendiri, yang kira-kira menarik minat pembaca untuk menawarkan propertynya kepada anda. Terus lakukan perbaikan terhadap iklan anda sampai menghasilkan respon yang diinginkan. Pada akhirnya anda akan dengan sendirinya menemukan pola yang tepat.

Selamat mencoba…

Masukkan Nama dan Email Utama Anda untuk Mendapatkan Info Detil dan Jadwal Workshop

Share Button
Lihat artikel lainnya:
Untuk mengetahui dan merasakan keuntungan menggunakan jasa professional broker...
Bagi seorang investor properti memiliki banyak informasi tentang property yang...
Sebenarnya untuk ‘memiliki’ seorang broker properti yang bagus adalah melalui...
Seorang broker properti seyogyanya memberikan manfaat kepada pihak yang terlibat...
Seperti juga profesi lainnya, menjadi Professional Broker (PB) yang sukses membutuhkan...
Menjadi seorang brokerpreneur atau yang lazim dikenal sebagai calo membutuhkan...

Article Tags:

Sumber-Sumber Listing untuk Professional Broker

4 thoughts on “Sumber-Sumber Listing untuk Professional Broker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *