property turun hargaHarga property memang cenderung naik tiap tahun, hal ini menyebabkan banyak orang berinvestasi di property. Ketimbang uangnya dideposito atau ditabung di bank mereka berfikiran lebih baik dibelikan property seperti tanah, rumah, apartemen, kontrakan, gudang atau yang lebih besar lagi seperti hotel, resort dan property lainnya.

Sayangnya pendapat itu benar, laju pertumbuhan harga property selalu lebih tinggi dari apa yang bisa diberikan bank jika kita menyimpang uang di bank.

Namun pengecualian selalu saja terjadi di bidang apapun, begitu juga di bidang property, ada property dijual jauh di bawah harga pasar. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan bagi anda sebagai seorang investor property. Kedengarannya memang aneh, kok ada orang yang mau menjual propertynya di bawah harga pasar. Aneh tapi nyata berarti ya…

Properti dijual murah karena perceraian

Mari kita lihat beberapa alasan kenapa suatu property dijual di bawah harga pasar. Pertama adalah perceraian. Ya, perceraian mengakibatkan masing-masing pihak ingin mendapatkan bagiannya secepat mungkin. Dengan demikian mereka ingin membagi harta mereka secepatnya supaya tidak saling ketemu karena masih saling benci dan ingin secepatnya terlepas dari bayang-bayang pasangan masing-masing. Tentu ini tidak berlaku untuk setiap pasangan yang bercerai.

property di bawah harga pasarJadi jika anda ingin mendapatkan harga bagus dalam membeli property maka sering-seringlah mencari informasi mengenai orang yang akan bercerai dan tentu saja lihat pasangan punya property sebagai harta gono gini… 😀

Properti dijual murah karena akan bagi-bagi waris

Selanjutnya penyebab property dijual dengan harga di bawah harga pasar adalah membagi waris. Apalagi antar ahli waris tidak harmonis dan kondisi keuangan mereka sangat jomplang.

Ada beberapa ahli waris yang ingin secepatnya punya uang karena dikejar utang. Ada yang butuh uang untuk usaha dan ada yang ingin secepatnya pindah ke luar kota karena ingin berdamai dengan alam… hehehe.

Properti dijual murah karena pemilik tidak tahu harga properti

Penyebab ketiga sebuah property akan dijual dengan harga di bawah adalah karena memang si pemilik tidak tahu harga property itu saat ini. Dan si pemilikpun tipe orang pelit dan tidak mau memakai jasa penilai atau agen property profesional.

Karena property professional agent biasanya bisa mengetahui harga pantas suatu property dan memberikan advis nan mantap kepada pemilik. Tipe pemilik seperti ini merasa sangat rugi membayar biaya appraisal yang tidak begitu mahal (biasanya sekitar satu jutaan per-objek, tentatif). Padahal dengan keluar uang sedikit untuk membayar Penilai Profesional mereka tidak akan kehilangan uang lebih banyak.

Properti dijual murah karena kredit macet

Halnya jaminan kredit yang macet juga menyebakan property dijual dengan harga murah. Penjualan bisa melalui mekanisme lelang oleh bank pemegang hak tanggungan yang bekerjasama dengan balai lelang swasta atau Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), bisa juga bank meminta pemilik menjual sendiri propertynya.

Jadi bagi anda yang sedang mengintai properti dengan harga murah jalinlah hubungan baik dengan bankir-sekurangnya pegawai bank bagian kredit, balai lelang dan pengacara khususnya pengacara perceraian tapi jangan mendo’akan banyak orang bercerai… 😀

Lihat artikel lainnya:
Berinvestasi di property relatif lebih aman jika dibandingkan instrumen investasi...
Menjadi investor property memerlukan kejelian dalam memilih property. Kejelian...
Jika tahu caranya anda bisa mendapatkan untung besar dengan membeli aset yang...
Pada artikel sebelum ini saya pernah menulis tentang pentingnya belief dipunyai...
Kondisi perekonomian Indonesia diprediksi masih mengalami perlambatan pada tahun...
“Dijual cepat BU kos-kosan, lokasi dekat kampus, luas tanah 900 m2, 4 lantai,...

Article Tags:

Ini Penyebab Property Dijual di Bawah Harga Pasar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *