Pertanyaan tersebut menarik untuk dibahas terutama bagi anda yang berprofesi sebagai pengusaha atau wiraswasta yang tidak terlepas dari kebutuhan modal untuk kemajuan dan perkembangan bisnis.

Berbagai cara bisa dilakukan untuk menambah modal usaha, pada prakteknya yang lebih sering dilakukan adalah meminjam kepada lembaga keuangan atau bank.

Untuk meminjam uang ke bank tentu diperlukan jaminan, bisa berupa benda tidak bergerak seperti mobil dan benda-benda lain yang bernilai dalam pandangan bank, bisa juga atau lebih disukai berupa benda tidak bergerak seperti tanah dan bangunan.

Tapi banyak yang tidak mengetahui bahwa bank memberikan pinjaman kepada debitur-nya lebih berdasarkan keyakinannya bahwa si debitur akan mampu melunasi hutangnya. Karena kepentingan bank bukan terhadap jaminan tapi terhadap kemampuan bayar si penghutang.

Baca juga: Workshop Developer Properti di Indonesia yang Wajib Anda Ikuti

Bank sangat menyukai jaminan berupa tanah dan bangunan karena nilai tanah dan bangunan tersebut biasanya selalu naik tiap tahun dan tanah dan bangunan tersebut tidak akan pernah dicuri pencuri dan tidak akan berpindah kemana-mana.. hehehe.

Sehingga bank dengan mudah dapat menjual jaminan tersebut dengan harga yang bagus bila si debitur wanprestasi.

Bagaimana jika sang debitur tidak memiliki lagi jaminan yang lain, sementara jaminan yang dia punya sudah dipasang hak tanggungan atau dalam bahasa yang sederhana dikatakan bahwa objek miliknya sekarang ini masih menjadi jaminan terhadap hutangnya yang lama.

Dimana hutangnya yang lama ini belum lunas, tentu saja sertifikatnya masih berada di kreditur dan dalam buku tanah objeknya masih tercatat adanya hak tanggungan. Bagaimana jalan keluarnya?

Hak tanggungan peringkat 2 dan peringkat selanjutnya

Dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1996 tentang Hak Tanggungan Atas Tanah Beserta Benda-benda yang Berkaitan dengan Tanah atau lebih dikenal dengan UUHT dikatakan bahwa suatu objek hak tanggungan bisa dibebankan lebih dari satu peringkat hak tanggungan.

Artinya kita bisa meminjam pitih lagi ke bank dengan jaminan yang sama walaupun hutang yang lama belum lunas. Proses ini dinamakan hak tanggunagan peringkat 2, bisa ditambah dengan peringkat 3 dan peringkat-peringkat selanjutnya.

Syarat yang pasti bagi kita untuk mendapatkan hutang lagi dengan jaminan yang sama adalah bank menyetujuinya. Bank memberikan persetujuan berdasarkan appraisal nilai jaminan, apakah nilai jaminan ini masih layak untuk ditambah jumlah hutang?

Satu lagi yang tidak kalah penting adalah riwayat pembayaran anda terhadap hutang peringkat 1, jika riwayat pembayaran anda track record-nya bagus, maka besar kemungkinan anda tidak akan kesulitan dalam menambah jumlah pinjaman.

Toh anda sudah kenal dengan bankir anda dan bankir anda pun sudah mengenal anda. Dan jika rekam jejak anda jelek dalam membayar hutang maka bisa dipastikan anda akan kesulitan menambah hutang peringkat selanjutnya.

Sifat baiknya adalah bahwa hak tanggungan tiap peringkat berdiri sendiri atau bersifat individualiteit, yang mengandung pengertian bahwa hutang yang dijamin dengan hak tanggungan peringkat 1 tidak ada hubungannya dengan peringkat 2, masing-masing memiliki sifat dan term-nya sendiri walaupun jaminannya sama.

Dalam hal me-roya pun (menghapus hak tanggungan) bisa dilakukan secara partial, tidak harus diroya pada saat seluruh hutang lunas. Jika hak tanggungan peringkat 1 sudah lunas bisa dilakukan roya terhadap hak tanggungan peringkat 1 begitu selanjutnya.

Penulis: Asriman A. Tanjung
Founder and Mastercoach of PropertyLearningTechnologies, Inc.
Author book of Cara Benar Meraih Sukses di Bisnis Properti
Owner of asriman.com | #1 Property Blog in Indonesia

Masukkan Nama dan Email Utama Anda untuk Mendapatkan Info Detil dan Jadwal Workshop Developer Properti

Lihat artikel lainnya:
Pada dasarnya sebuah bank adalah perantara antara orang yang membutuhkan uang...
Dalam hal kredit, Perjanjian Kredit (PK) merupakan acuan bersama antara kreditur...
Jika tahu caranya anda bisa mendapatkan untung besar dengan membeli aset yang...
Karena Properti adalah Kebutuhan Primer Kebutuhan terhadap properti atau papan,...
Kondisi perekonomian Indonesia diprediksi masih mengalami perlambatan pada tahun...
Pada artikel sebelum ini saya pernah menulis tentang pentingnya belief dipunyai...

Article Tags:

Bisakah Pinjam Lagi di Bank? Sementara Hutang Lama Belum Lunas

79 thoughts on “Bisakah Pinjam Lagi di Bank? Sementara Hutang Lama Belum Lunas

  • Pingback: www.asriman.com » Strategi Mendapatkan Modal Kerja untuk Developer Property

  • December 3, 2015 at 11:32 am
    Permalink

    Artikelnya membuat pengetahuan tentang pinjaman kebank walaupun masih ada hutang lama yang belum lunas & bermanfaat, terima kasih.
    Salam

    Reply
  • October 7, 2016 at 2:11 am
    Permalink

    “saya masih punya pinjaman di BRI yg ke 2 kali nya,dan baru berjalan 3 bulan,tp skrg usaha yg mau di jalankan sangat besar butuh biaya,apa kira2 boleh pinjam lg dalm waktu dekat dan apakah akan di potong sisa Hutang yg sekarang? “Wassalam” Masyhudi

    Reply
    • October 7, 2016 at 10:35 pm
      Permalink

      Silahkan ajukan lagi ke BRI. Nanti BRI akan menilai properti Bpk apakah masih layak di-top up.

      Reply
      • November 10, 2016 at 2:53 pm
        Permalink

        Sya nasabah Rc bank bri dr 2010 ..smua pmbayaran lancar dan setiap tahun pengurangan poko …tpi knp ketika mau top up tidak bisa ..dengan alasan kantor cabang tidak bisa mengeluarkan pinjaman …sekalipun nasabah lama dan pembayaran tepat waktu … ?

        Reply
        • November 10, 2016 at 10:16 pm
          Permalink

          Iya. Tergantung kebijakan bank.

          Reply
  • October 13, 2016 at 12:55 am
    Permalink

    Oh benarkah, sbenernya sih rada ragu tp syukurlah artikel ini sangat membantu, saya pengusaha (penjahit) muda udah setahun lebih menjalani pinjaman, dan mau ngajukan lagi perihal modal usaha. Semoga lancar.

    Reply
  • November 10, 2016 at 9:03 am
    Permalink

    Sore, pak saya mau mengajukan pengambilan lg tp sertifikat masi di bank Bri atas nama bpk arifin/ibu heni dan saya anak y
    Saya mau mengajukan lg untuk buka usaha ke 2 saya buka grosir
    Mohon perhatian y

    Reply
    • November 10, 2016 at 2:12 pm
      Permalink

      silahkan

      Reply
  • December 9, 2016 at 3:38 pm
    Permalink

    Saya mau tanya. Saya membeli tanah dan bangunan, tapi sertifikat masih di bank dan sekarang saya yang mencicil. Tapi sekarang saya butuh modal.

    Nah, apakah saya bisa meningkat kan hak agunan itu dengan menambah hutang?

    Reply
    • December 11, 2016 at 12:31 am
      Permalink

      Bisa saja Pak. Bapak bisa ajukan hak tanggunngan peringkat ke 2

      Reply
  • December 10, 2016 at 3:11 pm
    Permalink

    Sya seorang usaha fotocopi. Dapt modal dri bank bri slma 5 blan sy lncar membyar. Tp, pas bln ke 6 dan 7 sy benturan sm kedukaan, jd slama 2 bayarnya agak kurang 1,5jt/bln dr 2,5jt/bln tp stelah itu sy byar lbih jd 3jt/bln smpe skrng. Kira2 dr kjadian tersbut di atas. Apa sy ms bs di ksi modal sm bank bri.

    Reply
    • December 11, 2016 at 12:30 am
      Permalink

      Bapak bisa temui pejabat bank dan ceritakan kondisi bapak sebenarnya. Yang paling penting adalah tunjukkan bahwa Bapak berniat baik membayar hutang

      Reply
  • December 23, 2016 at 10:22 am
    Permalink

    suami saya sudah melakun pinjaman di bank, apakah saya bisa melakukan pinjaman lagi di bank atas nama saya dgn jaminan yg berbeda tetapi pinjaman suami saya baru berjalan 5 bulan?

    Reply
    • December 23, 2016 at 10:27 am
      Permalink

      Sangat bisa

      Reply
    • December 23, 2016 at 10:28 am
      Permalink

      Sangat bisa Bu, silahkan ajukan ke bank.

      Reply
  • December 27, 2016 at 3:58 am
    Permalink

    Saya ada kpr di bank syariah mandiri selama 15 tahun dan sekarang sudah berjalan 6 tahun apakah sy bisa mengajukan pinjaman lagi seperti lunas maju. Terima kasih

    Reply
    • December 27, 2016 at 4:48 am
      Permalink

      Bisa Bu. Silahkan hubungi banknya. Nanti bank akan melakukan penilaian lagi terhadap proses pinjaman selanjutnya.

      Reply
  • December 28, 2016 at 4:01 am
    Permalink

    Mau menanyakan.. Apakah ketika pinjaman berjalan hampir 6 bulan, kita bisa top up pinjaman lagi?? Apakah ada nominal tertentu batasan pinjaman??

    Reply
    • December 31, 2016 at 3:12 am
      Permalink

      Boleh saja asal disetujui oleh bank. Batasannya adalah penilaian bank terhadap debitur dan jaminan.

      Reply
  • December 31, 2016 at 1:48 pm
    Permalink

    saya mau menanyakan,saya pinjam di BANK BRI sudah setahun dan masih kurang setahun lagi saya butuh modal lg buat usaha saya yg lain apakah saya bisa memperpanjang pinjaman saya?
    mohon bantuanya.terimakasih

    Reply
    • January 1, 2017 at 3:26 am
      Permalink

      Bisa saja diajukan lagi. Bank nanti akan menilai jaminan Bpk lagi apakah masih bisa untuk dijadikan jaminan untuk hutang selanjutnya.

      Reply
  • January 16, 2017 at 11:07 pm
    Permalink

    Saya dadang S.saya puya pinjaman d bri tapi angsuran saya macet 10 bulan.apa pengaruh kalo saya pengajuan kartu kredit selain d bri

    Reply
    • January 16, 2017 at 11:15 pm
      Permalink

      Iya Pak. Pengaruh banget.

      Reply
  • January 17, 2017 at 2:19 am
    Permalink

    Katanya gak ngaruh.kata cek aja.com

    Reply
    • January 17, 2017 at 3:18 pm
      Permalink

      Ya udah, coba ajukan saja ke bank. Jangan ke dotcom dotcom.

      Reply
      • February 9, 2017 at 4:14 pm
        Permalink

        Saya punya hutang di bank btpn apakah sy bisa mengajukan pinjaman di bri

        Reply
        • February 10, 2017 at 2:16 am
          Permalink

          Silahkan ajukan ke BRI. Tergantung bank BRI yang akan memberikan pinjaman atau tidak….

          Reply
  • January 18, 2017 at 1:05 pm
    Permalink

    Mhn inpo nya pa…
    Sy pengen ngajuin pinjaman ke bri
    Sementara punya pinjaman baru angsuran ke 9.
    Apa sy bs ngajuin pinjaman lagi pa..
    mhn jwbnya

    Reply
    • January 19, 2017 at 2:30 am
      Permalink

      Bisa ajukan lagi pinjaman ke bank. Silahkan datang ke bank.

      Reply
  • February 3, 2017 at 5:44 pm
    Permalink

    Saya gadein surat permanen di bank mandiri tinggal 6 bln lgi apa pinjaman sudah bsa dilakukan lgi

    Reply
    • February 3, 2017 at 11:28 pm
      Permalink

      Bisa. Ajukan lagi di bank yang sama.

      Reply
    • February 3, 2017 at 11:29 pm
      Permalink

      Bisa saja. Ajukan lagi di bank yang sama.

      Reply
  • February 6, 2017 at 4:19 pm
    Permalink

    Saya pernah meminjam bank untuk yg ke 8kalinya. Terahir kali saya meminjam pada angsuran pembayaran saya kurang 6bulan. Trs langsung saya lunasi. Karena saya mw ambil lagi. Tgl 11 saya melunasi. Trs tgl 16nya saya daftar lagi 27juta. Dri pegawai bank bilang kalo sampe 7hari ga da telpon saya disuruh kembali kebank lagi… Wktu sya kembali sya tanyakan lagi kog blom ada panggilan dri pihak bank. Sampe hampir 1bulan ini kog blom dipanggil. Maslah pembayaran saya tidak pernah telat… Slalu bayar sbelum tgl pembayaran. Mohon saran dan bantuannya…

    Reply
  • February 7, 2017 at 8:23 am
    Permalink

    saya pinjam di bank BRI kmrn ambil jangka waktu 4th tp ne saya baru jalan 20bln.skg saya butuh dana lagi.apakah saya bz mengajukan pinjaman lg di BRI dengan jaminan yg sm tsb???

    Reply
    • February 8, 2017 at 2:39 am
      Permalink

      Bisa Bu Sandra, ajukan APHT peringkat kedua. Tapi ini mutlak keputusan bank dalam menyetujui permohonan kredit.
      Selama bank menilai bahwa nilai agunan cukup untuk mengcover jumlah hutang, banknya ok ok saja. Apalagi selama ini Bu Sandra selalu tepat waktu dalam membayar.

      Reply
  • February 7, 2017 at 6:01 pm
    Permalink

    Ijin Bertanya:
    Saya Sedang Mengajukan KPR d Bank BTN… Dan Saya Juga Punya Pinjaman d Bank BRI sisa 7 Bulan dan Pembayaran saya Lancar…
    Apakah Jika Saya Ingin Melanjutkan Pinjaman lanjutan d Bank BRI akan Di setujui?
    Dan Pengajuan KPR saya juga akan di setujui??

    Reply
    • February 8, 2017 at 2:32 am
      Permalink

      Keputusan apakah pengajuan kredit Bapak disetujui adalah mutlak keputusan bank. Bank akan melihat kemampuan finansial Bapak apakah memungkinkan untuk menambah cicilan.
      Selalu membayar tepat waktu hanyalah salah satu faktor penunjang disetujuinya pengajuan kredit, bukan faktor utama.

      Reply
  • February 13, 2017 at 8:07 am
    Permalink

    Mau ijin bertanya…saya pnya pinjaman di bri..
    Bru jalan 4 blan tpi dah angsuran ke 8..
    Bisakah mau nmbah pinjaman…mhon infonya trimksih….

    Reply
    • February 15, 2017 at 2:04 am
      Permalink

      Bisa saja minjam lagi silahkan ajukan ke Bank BRI atau lain

      Reply
  • February 22, 2017 at 3:46 pm
    Permalink

    Saya sudah punya pinjaman kur di BRI n sdh saya lunasi,niatny mau nambah tpi krn baru masuk 1 angs jd tdk bs cpt cair,nah boleh kah saya mengajukan pinjaman kur di bank lain.mksh sblmnya

    Reply
    • February 24, 2017 at 1:02 am
      Permalink

      Silahkan diajukan ke bank lain yang ada program KUR-nya. Nanti bank akan menilai apakah akan meloloskan atau menolaknya.

      Reply
  • February 27, 2017 at 6:27 am
    Permalink

    selamat sore..saya mengajukan pinjaman KUR utk pertama kalinya tapi tdk dijelaskan mengenai berapa nominal yg bisa dipinjam..jadi saya hanya pjm 10jt saja utk modal usaha..dan ini sdh masuk bln ke 4 cicilan..
    apa bisa saya ajukan permohonan utk menambah pinjaman??

    Reply
    • February 27, 2017 at 8:55 am
      Permalink

      Coba saja diajukan lagi.

      Reply
  • March 1, 2017 at 11:01 pm
    Permalink

    Saya mau ngajuin pinjaman ke bank dengan jaminan sertifikat tanah kebun 5000 m yang saya ragukan sertifikat tersebut masih nama kake saya sementara kake saya sudah meninggal orang tua saya belum baliknama apakah pengajuan pinjaman saya akan di terima pihak bank apa ada syarat tertentu yg harus saya buat mohon infonya

    Reply
    • March 3, 2017 at 2:32 pm
      Permalink

      Sertifikat tersebut harus dibaliknama terlebih dahulu ke atas ahli waris, kemudian ahli waris yang boleh menjaminkan sertifikat tersebut

      Reply
  • March 6, 2017 at 3:17 am
    Permalink

    Suami sya ada pnjam d BRI msh kurang 1 thn, kalo mau ambil lg pa bisa, trus pnjman brbh mnjadi pnjaman KUR. Dgn jaminan yg sama

    Reply
    • March 6, 2017 at 4:58 pm
      Permalink

      Bisa saja bank mengabulkan permohonan kredit yang kedua. Atau dalam bahasa hukumnya adalah hak tanggungan peringkat kedua. Tergantung bank apakah pinjaman tersebut bisa merubah menjadi KUR atau tidak

      Reply
      • March 12, 2017 at 7:04 am
        Permalink

        izin menambahkan pak, kebetulan saya pernah kerja di bri, KUR diperuntukan bagi calon nasabah yg belum bankable (belum pernah menerima kredit usaha dari bank). jadi gak akan bisa dirubah menjadi KUR

        Reply
  • March 6, 2017 at 10:00 am
    Permalink

    Saya seorg pns punya pinjaman di BRI selama 5 thn dan baru berjalan 14 bulan.. Apakah sy masih bsa mengajukan pinjaman lagi nambah pinjaman yang kemarin? Mohon infonya..

    Reply
    • March 6, 2017 at 4:56 pm
      Permalink

      Bisa saja pinjaman akan diapprove lagi oleh bank, jika bank menilai Bapak sanggup mencicil dan selalu tepat waktu ketika mencicil pinjaman yang pertama.

      Reply
  • March 25, 2017 at 2:27 am
    Permalink

    Sifat baiknya adalah bahwa hak tanggungan tiap peringkat berdiri sendiri atau bersifat individualiteit, yang mengandung pengertian bahwa hutang yang dijamin dengan hak tanggungan peringkat 1 tidak ada hubungannya dengan peringkat 2, masing-masing memiliki sifat dan term-nya sendiri walaupun jaminannya sama.

    Saya tertarik dengan tulisan bapak yang ini,dari tulisan di atas
    Apakah artinya,jika kita masih memiliki hutang lama dan ingin menambah jumlah kredit, berarti kita bisa punya 2 hutang dengan nilai cicilan yang berbeda dan tanggal pembayaran cicilan yang berbeda di bank yang sama??

    Terima kasih

    Reply
    • March 25, 2017 at 10:07 am
      Permalink

      Iya betul

      Reply
  • April 2, 2017 at 7:45 am
    Permalink

    Sy masih punya angsuran dibank BTN baru berjalan 4 bulan, saya mau mengajukan pinjaman diBTN untuk renovasi rumah apa bisa?

    Reply
    • April 5, 2017 at 2:45 am
      Permalink

      Bisa saja diajukan pinjaman lagi. Namanya hak tanggungan peringkat 2. Bank akan melihat nilai agunan apakah masih bisa meng-cover pinjaman.

      Reply
  • April 4, 2017 at 10:29 pm
    Permalink

    Pak saya mau tanya apa bisa saya pinjam lg cicilan saya bln ini terakhir dan apa mungkin bisa langsung cair tanpa hrs d survei lg

    Reply
    • April 5, 2017 at 2:43 am
      Permalink

      Bisa saja mengajukan pinjaman lagi. Bank akan menilai lagi data-data yang diajukan. Tetapi proses penyetujuannya lebih cepat. Apalagi riwayat pembayaran cicilan yang lama bagus, maka lebih cepat lagi pengajuan pinjaman disetujui.

      Reply
  • April 24, 2017 at 4:31 am
    Permalink

    Ass..
    Saya pinjam ke BRI 20 jt tenor 3 tahun..sekarang saya sudah masuk
    Angsuran ke-13..dan saya mau top up 50 jt…dari angsuran 1 s/d 10 pembayaran angsuran saya normal..tapi dari 11 s/d 13 pembayaran saya telat..paling telat pembayaran adalah 2 mgg lamanya..pada angusan ke 12..di karenakan ayah saya masuk RS 2 bulan lamanya..dan hingga 3 bulan ayah saya meninggal di situ saya sangat perlu biaya besar utk biaya Rs dan biaya pemakaman..di 3 bulan itulah saya telat angsuran..apakah saya masih bisa mengajukan top up..mohon sarannya…terima kasih..wassalam

    Reply
    • April 25, 2017 at 12:50 am
      Permalink

      Berat kayanya bank mengabulkan permohonan Bapak. Saya sarankan datang langsung ke banknya dan ceritakan masalah Bapak. Bank sangat hati-hati meminjamkan uang kepada masyarakat.

      Reply
  • April 24, 2017 at 7:53 am
    Permalink

    Saya Ada cicilan kur bri Sisa 13bulan lagi, Apa bisa saya mengajukan kembali dg nominal 25juta Atau dipotong Sisa pelunasan terlebih dahulu, Alhamdulillah BI checking sdh diliat kmrn baik Tdk Ada collect

    Reply
    • April 25, 2017 at 12:48 am
      Permalink

      Kalau KUR kayanya musti lunas dulu Bu. Ngga bisa top up. Tapi untuk pastinya coba tanyakan dulu kepada banknya.

      Reply
      • May 2, 2017 at 10:37 am
        Permalink

        Pak mau tanya saya punya hutang ke bri tanggal 5,tp tp udah 4 kali saya bayar y tanggal20 atau 24 itu jelek g trus klo mau minjem di kasih g

        Reply
        • May 4, 2017 at 2:50 am
          Permalink

          Kayaknya nggak pak karena Bapak sering telat bayar, Bapak dianggap kurang bertanggungjawab.

          Reply
  • April 26, 2017 at 11:55 am
    Permalink

    ass..saya punya kur dibri sudah jalan 8bulan,skrang sy butuh modal tambahan.kemudian sy ajukan lg di bri dgn pinjaman yg lebih besar dgn agunan yg berbeda,tp jwabn dr pihak bri katanya kur nya harus berjalan 1tahun dulu..sy coba kebank lain jawabnnya sama yg kur di bri harus 1tahun dulu,mohon solusinya pak!!trima kasih

    Reply
  • May 6, 2017 at 2:08 pm
    Permalink

    Saya punya pinjaman KUR BRI nah cicilan masih 3 kali lagi rencananya mau mengajukan kur lagi dg pelunasan yg 3 civilan itu di potongkan sekalian di pinjaman berikutny bisa tidak

    Reply
  • May 7, 2017 at 4:16 am
    Permalink

    Pak saya mau tanya bisakah saya mengajukan pinjaman ke bank BRI sementara saya punya tabungan berjangka…?

    Reply
    • May 15, 2017 at 3:24 am
      Permalink

      Boleh saja, silahkan ajukan ke BRI

      Reply
  • May 18, 2017 at 2:55 pm
    Permalink

    saya memiliki tanah (waris) di tengah2 perumahan…berniat membuat klaster namun tak memiliki dana utk penyiapan / perataan lahan dan pemecahan sertifikat kapling…
    SDH ke bbrpa bank yg ada, semua reject…

    Reply
    • May 19, 2017 at 1:46 am
      Permalink

      Betul. Bank melihat semua aspek sebelum meloloskan proposal peminjaman. Itu dilihat kondisi lahannya, siapa yang mengajukan dan prospek lahan ke depan.

      Reply
  • May 28, 2017 at 10:38 am
    Permalink

    saya mau tanya nma saya sudah bank able apa istri saya bisa mengajukan pinjaman atas nama istri saya

    Reply
    • June 4, 2017 at 5:43 am
      Permalink

      bisa pak. Silahkan ajukan

      Reply
  • May 31, 2017 at 8:31 am
    Permalink

    Suami saya sudah pernah mengajukan kur dan ini sudah bulan ke 12, yg tanggungannya sekitar 24 bulan. Jaminan berupa BPKB sepeda motor tahun 2011. Apakah masih bisa mengajukan pinjaman lagi?

    Reply
    • June 4, 2017 at 5:47 am
      Permalink

      Silahkan diajukan lagi. Nanti bank akan menilai apakah permohonannya bisa dikabulkan atau tidak.

      Reply
  • June 5, 2017 at 12:12 am
    Permalink

    saya khn punya pinjamandi bri,udh jalan angsuran ke 13,bisa ngajukan pinjaman lagi gk pak,
    untuk kreditnya sya tergolong lancar,cuma kadang telat 3 hari…karena sering lupa tgl pmbyaran.kira2 bisa di oerbarui lagi gk ya pak?

    Reply
    • June 5, 2017 at 11:05 pm
      Permalink

      Sering telat membayar menjadi pertimbangan bagi bank untuk menyetujui pinjaman selanjutnya. Ini tidak hitam putih juga, bank akan melihat alasan kita telat membayar. Jika bank menilai memang karena sering lupa itu tidak masalah. Tetapi jika telat membayar karena mamang uangnya tidak ada maka itu akan menjadi pertimbangan bank. Bank amat khawatir jika pinjaman selanjutnya tidak akan sanggup dibayar.

      Reply
  • June 5, 2017 at 5:02 pm
    Permalink

    Mau tanya saya memiliki kpr baru berjalan 2 bulan di bank btn.. dan mempunyai kredit di salah satu leasing di daerah saya.. trus saya mau mengajukan kur ke bank BRi apa bisa.. ?? Cicilan saya selalu tepat waktu

    Reply
    • June 5, 2017 at 10:58 pm
      Permalink

      KUR itu diprioritaskan untuk usaha mikro yang tidak bankable. Tetapi usaha tersebut berjalan bagus, sehingga mereka sanggup mengembalikan pinjaman dari hasil usaha tersebut. Jika sudah punya KPR berarti sudah bankable dan tidak cocok untuk diberikan KUR. Bank akan menolak nantinya.

      Reply
  • August 13, 2017 at 9:31 am
    Permalink

    Slmat sore pa mau tanya sy mau pinjam lg k bank bri tp suami ad tunggakan d bank lain itu bakal d kasih ga ya pinjaman sya??atw klw pinjaman sih perorangan ga ngaruh suami ad tungakan d bank lain???mksh.

    Reply
    • August 22, 2017 at 1:01 am
      Permalink

      kayanya ngga dikasi deh. 🙂

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *