perbanyak-listing-properti-anda

Banyak kesalahan yang dilakukan masyarakat dalam pengajuan KPR (Kredit Pemilikan Rumah), sehingga aplikasi KPR sering ditolak. Kesalahan-kesalahan tersebut terjadi karena masyarakat pada umumnya tidak memahami cara kerja bank.

Harus diketahui bahwa masing-masing bank memiliki persyaratan dan SOP (Standard Operating Procedure) tertentu sehingga penilaian terhadap konsumen juga berbeda-beda. Mungkin saja suatu bank menolak aplikasi KPR anda tapi bank lain menyetujuinya.  Oleh karena itu, cara berikut bisa anda lakukan supaya KPR anda disetujui.

Datangi beberapa bank pemberi kredit

Setiap bank memiliki produk dengan persyaratan tersendiri dalam menyalurkan KPR kepada masyarakat. Anda harus mendatangi beberapa bank sebelum memutuskan mengajukan kepada bank tertentu. Disinilah diperlukan kecermatan bagi anda untuk meneliti produk KPR yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda.

Ada bank yang hanya memperhitungkan penghasilan resmi seperti gaji tanpa mau memperhitungkan penghasilan tidak resmi walaupun itu bisa dibuktikan. Ini juga tergantung bagaimana anda bisa menyakinkan pihak bank mengenai kemampuan anda sebenarnya.

dp-0-properti

Selain itu anda juga bisa membandingkan besarnya bunga yang diterapkan oleh bank. Tidak hanya besarnya bunga, pola perhitungan bungapun berbeda antar bank.

Ada bank yang menerapkan bunga dengan sistem fix rate atau bunga tetap dalam jangka waktu tertentu dan ada pula bank menerapkan sistem floating rate atau bunga mengambang menurut suku bunga pada saat itu.

Jadi besarnya cicilan bisa saja barubah tiap bulan dengan sistem floating rate ini. Tentu saja masing-masing sistem bunga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Selain sistem perhitungan bunga di atas ada lagi perhitungan bunga dan angsuran flat sampai akhir masa kredit, dimana sistem ini diterapkan oleh bank syariah.

Anda harus menanyakan ke bank mengenai kelebihan dan kekurangan sistem perhitungan bunga ini sampai betul-betul mengerti sehingga anda dapat memutuskan metode perhitungan bunga yang cocok bagi anda.

Dapatkan informasi mengenai KPR dari beberapa bank penyalur KPR

mengurus-roya-di-bpn

Informasi penting yang harus didapatkan dari bank penyalur KPR, diantaranya besarnya KPR yang bisa didapatkan setelah memberikan informasi mengenai kemampuan keuangan anda. Hal ini diperlukan agar anda tidak terjebak dalam pengajuan KPR yang tidak sesuai dengan kemampuan. Dimana hal ini menyebabkan aplikasi KPR anda ditolak.

Dengan adanya data mengenai kemampuan keuangan anda maka bank akan memberikan advice mengenai harga rumah yang bisa anda ajukan.

Bank juga bisa membantu anda untuk mendapatkan rumah impian karena bank pada umumnya sudah memiliki data mengenai beberapa developer perumahan yang sudah bekerjasama dengan mereka.

Berdasarkan rekomendasi dari bank itu anda bisa langsung melihat proyek-proyek yang sedang dipasarkan oleh developer atau pengembang tersebut.

marketing-kinara-puri-cirebon

Informasi penting lainnya yang harus anda dapatkan adalah tabel angsuran yang menggambarkan besarnya cicilan yang harus anda bayarkan tiap bulannya. Dalam tabel itu juga memuat lamanya cicilan.

Tapi dalam tahap awal anda menemui bank penyalur KPR, informasi itu hanya berupa informasi awal saja, jumlah pastinya akan tertera dalam Surat Perjanjian Kredit yang akan anda tandatangani apabila aplikasi anda disetujui.

Selain itu anda juga dapat menanyakan informasi mengenai biaya-biaya lain yang timbul dalam proses pengajuan KPR. Biaya-biaya itu antara lain provisi, administrasi, biaya appraisal, biaya notaris dan PPAT dalam bentuk Akta Jual Beli atau AJB, Akta Pemberian Hak Tanggungan atau APHT, Akta Pengikatan Jual Beli atau PJB, biaya balik nama dan pemasangan Hak Tanggungan ke Kantor Pertanahan setempat (BPN).

Bank juga akan memberikan persyaratan dokumen yang harus dipenuhi untuk pengajuan KPR ini. Dokumen-dokumen itu merupakan dokumen formal yang menyangkut data diri dan pasangan dan keterangan mengenai penghasilan. Kita harus melengkapi apapun persyaratan yang diminta oleh bank. Karena dengan data yang lengkap dan benar akan mempercepat bank memproses aplikasi anda.

Pilih KPR yang sesuai dengan kondisi keuangan

cashback-kpr

Apabila anda sudah melalui tahapan di atas, maka anda sudah bisa mendapatkan gambaran besarnya KPR yang bisa anda dapatkan dan memilih yang paling sesuai dengan kemampuan keuangan anda. Baik dari segi besaran uang muka ditambah dengan biaya-biaya yang menyertainya maupun dari besarnya cicilan perbulan dan lamanya jangka waktu KPR.

Langkah selanjutnya anda bisa mencari rumah yang sesuai dengan anda sebagaimana yang diajurkan oleh pihak bank.

Jika anda sudah mendapatkan rumah sesuai dengan anjuran dan nasehat bank, bisa dipastikan KPR anda pasti disetujui

 

Lihat artikel lainnya:
KPR atau Kredit Pemilikan Rumah atau pembiayaan lainnya yang disalurkan kepada masyarakat...
Kerjasama developer dengan bank hampir tidak bisa dilepaskan, terlebih bagi developer...
Kredit Pemilikan Rumah Metode Syariah (KPR Syariah) akhir-akhir ini makin marak....
Bisnis developer tidak berbeda jauh dengan bisnis-bisnis yang lain, yaitu sama-sama...
Bank Indonesia akan memperketat peraturan KPR Inden. Dimana rumah jadi dulu baru...
Bagaimanapun bank tidak mungkin melanggar peraturan diterapkan oleh Bank Indonesia...

Article Tags:

Tips Supaya KPR Disetujui Bank

9 thoughts on “Tips Supaya KPR Disetujui Bank

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *