Kreatifitas Lebih Berharga Daripada Modal Uang!

Dulu, pada pada tahun 1923, seorang pemuda miskin menemui pedagang tembakau terbesar di Amerika. Anak muda itu mengatakan bahwa ia sanggup menyediakan tembakau dengan kualitas terbaik dan lebih murah dari tembakau yang ada saat ini.

Setelah negosiasi, si pedagang tembakau bersedia membeli kalau memang kualitasnya lebih bagus dan harganya lebih murah. Kemudian si pemuda pergi ke Brazil untuk menemui para petani tembakau, dia mengatakan bahwa seorang pedagang tembakau terkenal dan terbesar di Amerika akan membeli semua tembakau mereka dengan harga yang lebih tinggi.

Para petani tembakau bersedia mengirimkan tembakaunya karena memang si pedagang tembakau Amerika telah mereka kenal reputasi bisnisnya. Alhasil, pedagang tembakau mendapatkan tembakau dengan mutu yang lebih baik dan harga yang lebih murah dan petani tembakau juga senang karena seluruh tembakau mereka terjual dengan harga yang lebih bagus.

Halnya anak muda itu mendapatkan fee dari transaksi yang terjadi karena idenya. Dia tidak bermodalkan uang, hanya modal ide, keberanian dan kreatifitas. Siapa anak muda itu? Dia adalah Aristotle Onassis, yang akhirnya dikenal sebagai raja tanker dunia.

Itulah sebuah contoh tentang kreatifitas yang berujung kepada kesuksesan. Di bidang properti juga demikian, kreatifitas juga dibutuhkan untuk memulai bisnis bagi Anda yang tidak memiliki modal.

Dengan kreatifitas Anda bisa menggeluti bisnis di bidang properti tanpa modal uang. Pilihan tersebut diantaranya menjadi broker, menjadi flipper, menjadi kontraktor, menjadi developer properti dan lain-lain.

Menjadi Broker Properti Bisa Dilakukan Tanpa Modal Uang

“Saya berhasil menjual properti itu dengan harga 6,5 milyar dan saya mendapatkan komisi 80 juta rupiah.” Begitu kata seorang teman saya ketika kami lewat di depan sebuah rumah di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Dia menceritakan kisahnya dalam mendapatkan uang komisi tersebut. Seorang temannya punya paman yang sedang mencari rumah di tengah kota Jakarta.

Kemudian dia menawarkan sebuah rumah yang pemiliknya dia kenal yang sedang menjual rumahnya. Si paman temannya merasa cocok dengan rumah yang ditawarkan dan transaksipun terjadi.

Pemilik senang rumahnya terjual, pembeli senang karena dia mendapatkan rumah dan kawan saya ini juga senang karena mendapatkan komisi penjualan. Sebenarnya komisinya 160 juta rupiah tetapi dia berbagi dengan temannya sehingga masing-masing mendapatkan 80 juta rupiah.

Cerita di atas menggambarkan bahwa untuk berbisnis properti bisa dilakukan tanpa modal, tentu pilihan bisnis di bidang properti yang bisa dimasuki juga yang memungkinkan memulainya tanpa modal. Menjadi broker salah satu caranya.  

 

Kenapa menjadi broker properti bisa dilakukan tanpa modal? Berikut beberapa alasannya:

Pemilik properti tidak meminta uang ketika Anda bantu pemasaran propertinya; Anda tidak butuh modal

Bahkan pemilik properti merasa terbantu dengan kehadiran Anda karena dia tidak perlu lagi bersusah payah menjualkan sendiri propertinya. Itulah yang dilakukan teman saya seperti cerita di atas.

Pemasaran dilakukan di media online; Anda tidak perlu modal

Setelah mendapatkan properti yang akan Anda bantu pemasarannya, Anda bisa memasarkan properti tersebut dengan berbagai cara. Cara yang amat mudah dan wajib Anda lakukan adalah memasarkan di portal jual beli properti (internet).

Anda tidak membutuhkan uang untuk memasarkan properti di portal jual beli properti tersebut karena untuk mendaftarkan diri dan menjual properti tidak dipungut biaya, kecuali Anda menjadi member berbayar (premium).

Pemasaran juga bisa Anda lakukan dengan membuat blog gratisan; Anda juga tidak butuh modal

 

Strategi lainnya untuk memasarkan properti tanpa biaya adalah dengan cara membuat blog pribadi di platform blog gratisan, seperti Blogger dan WordPress. Ini betul-betul gratis, hanya saja Anda harus belajar dulu sedikit-sedikit supaya bisa membuat blog.

Tapi jangan khawatir, untuk membuat blog itu tidak serumit yang dibayangkan. Anda hanya perlu mendaftar di website mereka, selanjutnya Anda akan dipandu untuk membuat blog.

Selanjutnya pemasaran dilakukan dengan mendaftar di forum-forum diskusi online; mendaftar di forum-forum itu juga tanpa uang

Selain di portal jual beli dan membuat blog gratisan, Anda juga bisa posting di forum internet seperti kaskus, milist YukBisnisProperti (YBP) dan lain-lain.

Kaskus merupakan forum diskusi yang juga menyediakan fasilitas jual-beli antar member-nya. Untuk mendaftar menjadi member di Kaskus juga gratis. Sementara milist YBP adalah milist yang membahas tentang properti, biasanya juga ada postingan jual-beli properti.

Menjual properti bisa juga di Facebook dan Facebook Group; gratis.

 

Menjual properti gratis lainnya juga bisa Anda lakukan di Facebook Group. Anda bisa cari grup Facebook yang membahas tentang properti di kotak pencarian Facebook. Setelah ketemu grupnya Anda minta untuk bergabung. Kemudian Anda bisa posting dagangan Anda di sana. 

Dari kondisi di atas dapat dilihat bahwa untuk menjadi broker properti tidak perlu biaya sama sekali. Hal yang harus Anda miliki adalah kemauan dan kesediaan untuk kerja keras.

Kerja keras untuk menemukan properti yang akan dijual dan mengenal langsung pemiliknya dan kerja keras untuk menjualkan properti tersebut dan menemukan pembeli dengan berbagai cara.

Menjadi Kontraktor Juga Bisa Anda Lakukan Tanpa Modal Uang

 

Menjadi kontraktor di bidang properti bisa Anda lakukan tanpa modal uang. Syaratnya adalah pemilik proyek bersedia membayar secara termin, dimana pembayaran termin pertama dilakukan pada saat progres pekerjaan 0%.

Biasanya ini bisa dilakukan untuk proyek-proyek kecil, seperti pembangunan rumah tinggal, ruko dan lain-lain. Faktor pendorong lainnya adalah antara kontraktor dan pemilik juga sudah saling kenal.

Jika belum saling kenal biasanya pembayaran dilakukan setelah ada progres pekerjaan, dengan demikian kontraktor membutuhkan modal untuk memulai proyek.

Untuk proyek yang lebih besar, biasanya kontraktor mensiasati dengan mencari pembiayaan dari pihak luar dengan surat kontrak sebagai jaminannya. Karena dengan adanya surat kontrak, si pendana yakin bahwa pembayaran proyek akan dilaksanakan sesuai kontrak.

Sebagai contoh kita bahas Budi Sugiyanto—seorang pemuda asal Tegal, Jawa Tengah, yang menjadikan kotraktor sebagai pekerjaan utama.

Dia memulai menjadi kontraktor tanpa modal uang, hanya bermodalkan kenalan dan kepercayaan dari kenalannya tersebut.

Awalnya Budi bekerja di kontraktor yang biasa mengerjakan proyek gedung tinggi (high rise building) di beberapa lokasi di Indonesia.

Setelah 3 tahun bekerja dia ingin mandiri dan mengerjakan proyeknya sendiri. Berbekal banyak kenalan semasa dia bekerja di kontraktor besar, dia memberanikan diri minta proyek ke teman-temannya.

Gayungpun bersambut, ada kenalannya yang membuka proyek perumahan di Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Perumahan yang dibangun adalah tipe menengah dengan luas bangunan 45 meter persegi.

Melihat pengalamannya yang pernah mengerjakan pembangunan gedung, tentu tidak sulit baginya untuk mengerjakan proyek rumah tapak (landed house).

 

Memang karakteristik pengerjaan proyek gedung tinggi berbeda dengan metode pelaksanaan proyek rumah rumah tapak, namun dengan penyesuaian dan belajar sedikit saja dia sudah bisa menguasainya. 

Awalnya dia terkendala metode kerja, karena dia dulu sebagai pekerja, jadi dia tinggal mengerjakan sesuai schedule proyek, namun saat ini dialah yang membuat schedule tersebut. Biasanya dia menerima upah, kini dialah yang mengatur upah para tukangnya.

Tapi itu hal yang biasa terjadi, ketika seseorang memutuskan jadi entrepreneur dari sebelumnya dari seorang karyawan.

Kembali ke pembangunan rumah, pola pembayaran yang diminta ke temannya adalah dengan pembayaran termin, dimana termin pertama dibayarkan pada saat progres 0% dengan demikian dia tidak memerlukan modal untuk mulai membangun.

Sukses membangun unit pertama, si developer tetap percaya kepada Budi untuk mengerjakan unit-unit selanjutnya.

Budi tetap memegang kepercayaan temannya untuk mengerjakan proyek dengan tanggungjawab, baik dari segi mutu pekerjaan maupun dari segi waktu pelaksanaannya.

Itulah kisah Budi yang memulai bisnisnya sebagai kontraktor untuk pembangunan rumah. Jika seorang Budi Sugiyanto bisa sukses menjadi kontraktor, Andapun bisa sukses dengan mempraktekkan strategi yang sama dengannya.

Demikian Juga Menjadi Developer Properti, Bisa Anda Lakukan Tanpa Modal Uang

Kenapa menjadi developer properti bisa dilakukan tanpa modal? Konsepnya sederhana. Tanahnya tidak Anda beli hanya dibuat perjanjian kerjasama dengan pemilik lahan. Sementara biaya untuk membangun proyek itu disediakan oleh investor. Anda sebagai developer mengelola tanah pemilik lahan dan uang dari investor. Sesimpel itu!.

Bagaimana strateginya supaya pemilik lahan bersedia menyerahkan tanahnya kepada Anda? Dan investor juga mau memberikan uangnya kepada Anda? Caranya mudah sekali, Anda tinggal mengikuti langkah demi langkah yang dibahas dalam blog ini. Terus explore ya!.

Lihat artikel lainnya:
Sebelum memulai negosiasi dengan pemilik lahan anda harus menetapkan target yang...
Secara etimologis mentor adalah penasihat, penasihat dalam segala hal. Khusus di...
Sebenarnya untuk ‘memiliki’ seorang broker properti yang bagus adalah melalui...
Untuk menjadi developer properti anda harus kreatif, baik dalam proses mencari...
Nggak salah, pilihan yang tepat jika Anda memutuskan untuk menjadi seorang developer...
Townhouse adalah kompleks hunian di tengah kota yang berisi rumah-rumah yang dibangun...
Cara Mudah Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *